home ×
Gadget

Jangan Berharap Ponsel Gulung dan AR Glass Oppo Dijual Secepatnya

19 November 2020 By
Jangan Berharap Ponsel Gulung dan AR Glass Oppo Dijual Secepatnya
Share
Share
Share
Share

Uzone.id -- Dari perhelatan Oppo Inno Day 2020 yang digelar pada Selasa (17/11) di Shenzhen, China ada dua konsep produk yang menyita perhatian tamu, ponsel gulung Oppo X 2021 dan kacamata pintar AR Glass 2021.

Di atas panggung, Founder dan CEO Oppo Tony Chen mengatakan kalau perusahaan semakin bersemangat untuk mengembangkan dan terus eksplorasi teknologi untuk membuat hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Melalui acara Inno Day 2020, Tony memberikan kesempatan pada timnya untuk turut memamerkan apa yang sudah dicapai dan dikembangkan oleh Oppo sejauh ini, tak terkecuali dua konsep produk yang tampak begitu futuristik.

Oppo X 2021 hadir sebagai konsep ponsel rollable, alias bisa digulung dan melebar ukurannya dari 6,7 inci menjadi 7,4 inci. Ada juga AR Glass 2021 yang desainnya minimalis dan disesuaikan sebagaimana manusia mengenakan perangkat kacamata pada umumnya saja, namun dibekali dengan teknologi Augmented Reality (AR).

Baca juga: Oppo Pamerkan Ponsel yang Bisa Digulung dan Melebar

Dari penjelasan Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia, kedua konsep produk ini belum bisa dipastikan apakah akan meluncur sebagai produk komersial dalam waktu dekat atau tidak.

“Dua konsep produk ini pada dasarnya ingin memberikan gambaran bagaimana Oppo melihat teknologi ponsel dan kacamata pintar di masa depan. Kami tidak bisa memberi tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan dari sebuah konsep menjadi produk komersial. Semuanya bisa berubah di tengah jalan, dan kami juga tidak terburu-buru untuk menentukan kapan membuatnya jadi komersial,” jelas Aryo dalam kesempatan diskusi virtual dengan awak media, Selasa sore (17/11).

Pihak Oppo sendiri juga belum bisa berbicara banyak mengenai ketahanan layar dari ponsel Oppo X 2021 ini karena memang belum ada pengujian produk.

Pun begitu halnya dengan Oppo AR Glass 2021.

“Hal yang harus diperhatikan dari teknologi AR maupun VR, adanya kewajiban untuk mengembangkan ekosistemnya terlebih dahulu, sama seperti sistem operasi. Ekosistem harus dibangun dulu, dan tahun 2021 kami baru akan membicarakan soal SDK untuk AR Glass, jadi tidak mungkin dirilis dalam waktu dekat,” jelas Aryo.

Dia menyambung, “semuanya masih tahap pengembangan, kacamata AR secara umum saja belum siap untuk dijual ke konsumen, karena memang masih menjadi produk eksplorasi bagi developer untuk mempelajari lebih dalam soal teknologi ini.”

Seperti yang diketahui, ponsel Oppo X 2021 didukung oleh mesin Powertrain Roll Motor yang dapat secara otomatis membuat tampilan memendek dan memanjang dengan mulus, serta membuat tarikan layar berjalan dengan baik tanpa adanya kerusakan.

Oppo telah mengantongi 122 paten untuk pengembangan Oppo X 2021, 12 paten di antaranya merupakan mekanisme layar gulung.

Baca juga: Oppo Bakal Rilis Notebook dan Laptop Tahun Depan?

Sementara untuk AR Glass 2021, Oppo telah menyempurnakan fungsi optik, interaksi dan ekosistem konten pada perangkat ini. Dibandingkan AR Glass tahun 2019, kacamata AR anyar ini hadir dalam desain ergonomis dan 75 persen lebih nyaman dikenakan.

Oppo AR Glass 2021 ini dibuat dengan solusi optik Birdbath, yang dapat meningkatkan kontras sebesar 53 persen, keseragaman kecerahan layar 98 persen, dan pixel per derajat sebesar 40 persen.

Cahaya yang dipancarkan dari layar OLED ukuran 0,71 inci ini dibiaskan oleh spektroskop ke mata manusia, bersama dengan speaker dengan amplitudo besar yang bisa menciptakan pengalaman menikmati video streaming dan home theater yang setara dengan menonton layar 90 inci pada jarak 3 meter.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article