icon-category Auto

Jangan Ditunda-tunda, Ini Manfaat Ganti Oli Secara Rutin

  • 04 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Kondisi sepeda motor tentunya harus dijaga agar dapat diandalkan dalam mobilitas sehari-hari. Di sisi lain motor yang prima dapat menunjang keselamatan berkendara dan meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Oleh karenanya perawatan sepeda motor sesuai buku petunjuk manual servis menjadi sangat penting. Di dalamnya dijelaskan salah satu yang paling penting untuk dilakukan oleh pengguna motor adalah mengganti oli mesin dalam periode dan interval jarak kilometer tertentu.

Agung Budi Raharja selaku General Manager Part Operation Division PT Yamaha Indonesia Motor Mfg menjelaskan saat ini masih banyak pemilik sepeda motor yang abai dalam mengganti oli secara rutin. Hal ini tentunya dapat berakibat pada performa motor yang tidak optimal dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara.

"Berkaca dari kondisi tersebut, maka Yamaha merasa perlu membagikan informasi perihal manfaat dari penggantian oli secara rutin, agar pengguna sepeda motor dapat lebih teredukasi dan bijak dalam merawat kendaraannya," ujar Agung dalam keterangan tertulis.

alt-img

Berikut adalah manfaat yang didapatkan ketika mengganti oli secara rutin.

1. Suhu Mesin Terjaga dan Performa Motor Optimal

Oli memiliki fungsi untuk melumasi berbagai komponen di dalm mesin guna meminimalisir suhu panas berlebih akibat gaya gesek saat mesin sedang bekerja. Jarang mengganti oli berisiko membuat volume oli di dalam mesin berkurang, tekstur menjadi encer, dan juga oli lama menjadi kotor pekat.

Jika terus dibiarkan dapat membuat kinerja mesin terganggu seperti keluar suara kasar dan masalah overheat, yang menyebabkan tarikan motor kurang bertenaga.

2. Komponen Mesin Lebih Awet dan Hemat Biaya Servis

Fungsi oli yang melumasi secara maksimal dapat mencegah komponen di dalam mesin menjadi lebih cepat aus karena minim gaya gesek, melindungi dari korosif, dan membersihkan ruang mesin dari serpihan kotoran. Dengan demikian biaya servis pun menjadi lebih hemat karena mesin terhindar dari kerusakan berat.

3. Hemat Bensin dan Ramah Lingkungan.

Sering mengganti oli dapat membuat performa dan tarikan lebih optimal, sehingga konsumsi bahan bakar bensin menjadi lebih efisien. Di sisi lain emisi karbon yang dihasilkan dari mesin yang sehat akan lebih rendah, sehingga secara tidak langsung menjadi lebih ramah lingkungan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini