icon-category Auto

Tips Naik Motor di Musim Hujan, Biar Gak Kepeleset!

  • 26 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Musim hujan sudah tiba, hampir setiap hari jalanan pun diguyur hujan. Permukaan jalan yang basah pastinya bikin traksi ban kurang maksimal karena licin dan rawan banget kepeleset.

Karenanya, para bikers perlu sedikit mengubah gaya ridingnya supaya perjalanan tetap aman dan nyaman meskipun jalanan basah terguyur hujan.

Yamaha Riding Academy (YRA) coba berbagi beberapa hal yang perlu diperhatikan agar traksi ban tetap sempurna berjalan di permukaan aspal yang basah, akibat guyuran hujan.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah cek kondisi motor sebelum melakukan perjalanan. Terpenting adalah kondisi ban, dan sistem pengereman. Pastikan alur ban tidak gundul, tekanan angin juga sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Ada yang tidak kalah penting dan sering diabaikan pengendara, yaitu tekanan angin pada kedua ban. Tanpa sadar berkendara dengan ban kempis atau terlalu tinggi tekanan angin bisa mengubah traksi. Sebaiknya ikuti rekomendasi pabrikan.

Kemudian teknik berkendara yang tepat. Saat mengendarai motor khususnya di jalan yang licin, sebaiknya posisi tubuh rileks, terutama di bagian tangan dan bahu. Posisikan kaki rapat mendekap tangki motor apabila menggunakan motor sport.

Sedangkan kalau menggunakan motor matik, atau bebek posisikan kaki rapat di dalam dek motor. Pastikan juga siku tangan sedikit ditekuk sehingga tangan bisa bebas bergerak mengendalikan setang motor.

Pergunakan rem depan dan belakang secara halus, hindari penggunaan rem secara mendadak, dan keras, agar tidak tergelincir karena roda yang terkunci, terkecuali sudah disematkan teknologi ABS (anti-lock braking system).

Terakhir rencanakan perjalan, atau baiknya mencari informasi terlebih dahulu sebelum berkendara untuk mengetahui kondisi terkait cuaca, ataupun jalan.

Tujuannya mengantisipasi keadaan saat berkendara, sehingga membantu mencari rute perjalanan yang lebih aman.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini