home ×
Digilife

Jazz Prambanan Online Digelar 18 Juli, Nonton Cukup Pakai Ponsel

15 July 2020 By
Jazz Prambanan Online Digelar 18 Juli, Nonton Cukup Pakai Ponsel
Share
Share
Share

 

 

Uzone.id - Ajang musik Jazz Prambanan online bakal digelar pada Sabtu, 18 Juli 2020. Ajang ini sempat batal diadakan bulan Mei karena kekhawatiran terhadap pandemi global virus corona baru (Covid-19).

Nantinya, Jazz Prambanan online menjadi konser outdoor pertama kalinya digelar di Indonesia setelah berakhirnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan sekarang masyarakat Indonesia harus terbiasa dengan ‘adaptasi baru’ (pemerintah RI sebelumnya pakai istilah ‘new normal’).

Adaptasi baru itu juga berlaku pada industri musik, termasuk konser musik Jazz Prambanan 2020, di mana penonton tak perlu datang ke venue dan memanfaatkan platform iKonser untuk menyaksikan serunya aksi musisi di Prambanan Jazz.

Kamu bisa nonton melalui ponsel atau televisi yang terkoneksi dengan Indihome.

Project Manager Prambanan Jazz Online, Oethji Candra, menjelaskan konser Jazz Prambanan yang biasanya digelar offline akan jauh berbeda ketika menggunakan online.

“Penonton kan hilang untuk online, kali ini sih lebih digantikan sama sistemnya. Kami harus menyediakan sistem untuk streaming-nya, karena kalau di Prambanan kan lokasinya heritage-ya, secara infrastruktur ya kita harus adain jaringan yang stabil,” tutur Oethji saat berbincang santai dengan Uzone.id, Rabu (15/7/2020).

BACA JUGA: Hore! Bisa Edit Konten TikTok Pakai Canva

Di masa adaptasi baru ini, kata Oethji, penyelenggara masih mengikuti protokol kesehatan dari gugus Covid-19, seperti mengumpulkan massa dari kalangan pekerja atau talent. Jumlahnya dikurangi bisa sampai setengahnya

Nah, kalau bicara teknologi untuk konser Pramanan Jazz online, iKonser didukung oleh jaringan Telkom. Selain jaringan internet ada jarigan micro-i yang berfungsi menstabilkan koneksi internet.

“Kalau ini kita langsung narik kabel micro-i, yang Inshaalloh-nya nanti juga lebih bagus lagi tayangannya,” ujar Oethji.

Jazz Prambanan online akan menghadirkan tayangan kualitas HD. Sehingga jadi secara koneksi harus mendapat dukungan sangat baik.

Meskipun Jazz Prambanan tahun ini menggunakan platform online, menurut Oethji, biaya yang dikeluarkan tetap besar. Dia menyamakan dengan biaya yang dikeluarkan untuk acara sejenis dengan konser offline.

Penyelenggara sudah menyiapkan Jazz Prambanan online sejak akhir Mei. Protokol kesehatan jadi prioritas dalam menggelar konser outdoor ini.

Durasi konser akan memakan waktu dua jam. Mulai pukul 15.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

Alasan digelar pada jam tersebut, Oetjhi mengatakan bahwa penonton akan dimanjakan oleh suasana ketika matahari tenggelam (sunset) di kawasan Candi Prambanan.

Lokasi panggung akan berbeda dengan Prambanan Jazz tahun sebelumnya. Kali ini penyelenggara pakai lokasi yang lebih privat, yakni di Lapangan Garuda.

Penyelenggara menargetkan penonton tambahan sedikitnya 3.000 orang. Sebelumnya, sekitar 10 ribu orang sudah membeli tiket Jazz Prambanan untuk digelar offline pada bulan Mei.

“Sudah ada sekitar 10 ribu orang yang beli, mereka akan dapat privilege khusus untuk menonton secara free, tapi kalau untuk orang barunya sekitar 3.000 – 5.000 lah targetnya,” tuturnya.

Kamu bisa menyaksikan penampilan dari Rio Febrian, Langit Sore dan Frau secara live dari Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta.

 

VIDEO Xiaomi Redmi 9 Hands-on, Harga Rp1,749,000 Sekece Apa?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 09 August 2020 | 20:36:22

18 Juli berarti udah lewat lah

Ardi Yogi 16 July 2020 | 02:22:20

padahal aku pengin nonton secara langsung, tapi ya bagaimana lagi sekarang lagi pendemi

oki puntoro 15 July 2020 | 20:32:15

gimana caranya itu mau nontonya yah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article