Digilife

Jeff Bezos ke Luar Angkasa Tepat 52 Tahun Usai Apollo 11 ke Bulan

  • 21 July 2021
  • Bagikan :

    Foto: Spacenews.com

    Uzone.id -- Pencapaian Jeff Bezos dan kru roket New Shepard menuju orbit luar angkasa pada Selasa (20/7) waktu setempat tak hanya meramaikan jagat maya, namun juga pencapaian yang tak kalah besar lainnya oleh NASA, yakni misi Apollo 11.

    Jika kalian masih ingat, pencapaian besar bagi NASA sebagai badan antariksa Amerika Serikat melalui misi Apollo 11 adalah mendaratkan manusia di Bulan. Tim Apollo 11 begitu melegenda, terdiri dari Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins.

    Apollo 11 berhasil mendaratkan Armstrong dan Aldrin pada 20 Juli 1969 menggunakan pesawat pendaratan Eagle. Tanggal peluncuran Bezos ini nyatanya memang sengaja memilih 20 Juli kemarin agar bertepatan dengan perayaan pendaratan di Bulan yang ke-52 tahun.

    Foto: NASA

    Baca juga: Ke Luar Angkasa, Jeff Bezos Malah Tuai Kritik

    Misi Apollo 11 sendiri menjadi begitu ambisius pada masanya karena didorong kuat oleh rasa kompetitif dari pemerintah AS yang saat itu tengah bersaing sengit dengan Uni Soviet (sekarang Rusia) di industri antariksa.

    AS melalui NASA akhirnya ingin membuktikan kompetensi dan kecanggihan teknologinya dengan menyusun berbagai misi luar angkasa, dan akhirnya Apollo 11 lah yang berhasil membuat Armstrong sebagai manusia pertama di dunia yang menginjakkan kaki di Bulan.

    Prestasi baru Bezos ini memang belum mencapai Bulan seperti halnya kru Apollo 11. Bezos melalui New Shepard terbang di ketinggian di atas 62 mil atau lebih dari 99 kilometer. Ketinggian ini secara internasional diakui sebagai Karman Line, batas antara atmosfer Bumi dengan luar angkasa yang sesungguhnya.

    Bezos terbang ke luar angkasa pada Kamis (21/7) dini hari, atau Rabu (20/7) waktu Texas bagian barat, Amerika Serikat. New Shepard dan seluruh awak meluncur di situs peluncuran pribadi dekat Van Horn, Texas.

    Bersama adiknya, Mark Bezos, pionir penerbangan antariksa Wally Funk, dan mahasiswa usia 18 tahun bernama Oliver Daemen, Bezos meluncur dengan penuh sukacita. Perjalanan ke antariksa itu memakan waktu sekitar 10-11 menit.

     

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);