icon-category Digilife

Jelang Sidang Isbat, Netizen Mulai Say Goodbye ke Ramadan

  • 01 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Matthew Ansley/Unsplash

    Uzone.id - Sudah sebulan penuh umat muslim seluruh dunia menjalankan puasa di bulan Ramadan tahun ini, dan kini umat muslim sedang menunggu keputusan kapan Lebaran Idul Fitri 2022 (1443 H) dilaksanakan.

    Ramadan yang hadir satu tahun sekali membuat netizen berat hati meninggalkan bulan suci bagi umat muslim ini. Di sisi lain, mereka juga tak sabar menyambut Idul Fitri yang sebentar lagi akan diputuskan dalam sidang isbat.

    Jadwal sidang Isbat 1 Syawal 1443 H akan dilaksanakan Minggu, 1 Mei 2022, kemungkinan Idul Fitri akan jatuh di tanggal 2 atau paling lambat 3 Mei 2022 sesuai dengan kemunculan hilal.

    Baca juga: Cara Bayar Zakat Fitrah Secara Online

    Menjelang sidang isbat, meskipun belum ada keputusan mengenai kapan Idul Fitri akan dilaksanakan, Netizen sudah mulai mengungkapkan kata-kata perpisahan mereka dengan Bulan Suci Ramadan 2022 seakan pede kalau Ramadan akan berakhir di hari ini, Minggu, (01/05/2022).

    Mereka mulai membuat cuitan mengenai lebaran, hari terakhir puasa, sahur terakhir, dan Idul Fitri 2022. 

    Banyak juga kata-kata perpisahan umat muslim terhadap bulan suci Ramadan dan harapan agar umat muslim bisa bertemu kembali dengan Ramadan di tahun selanjutnya.

    Ramadan kali ini, bagi (kebanyakan) warganet dirasa terlalu cepat berlalu sehingga mereka belum cukup siap untuk ditinggal oleh bulan penuh berkah ini.

    Di saat warganet mulai mempersiapkan diri untuk berpisah dengan Ramadan 1443 H, Kemenag akan melaksanakan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1443 H pada Minggu petang, 1 Mei 2022 dan biasanya selesai menjelang waktu Isya awal pukul 7 malam.

    Baca juga: Twit Kocak Netizen Lawan Kemacetan Mudik

    Menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

    Sidang isbat ini tak hanya dihadiri oleh pihak dari Kementerian Agama namun juga sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, MA, MUI, BMKG, Badan Informasi Geospasial, Bosscha dari ITB dan lainnya.

    Sidang ini akan dilaksanakan secara hybrid, yaitu daring lewat zoom meeting dan juga luring. Hasil sidang isbat ini akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI, dan juga lewat media sosial Kemenag mengenai hasil sidang isbat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini