home ×
Auto

Jokowi Berlakukan Libur Bayar Cicilan Kredit Kendaraan Mulai Hari Ini

01 April 2020 By
Jokowi Berlakukan Libur Bayar Cicilan Kredit Kendaraan Mulai Hari Ini
Share
Share
Share

Uzone.id - Akibat dampak pandemi virus Corona, Presiden Jokowi sudah memberikan 'lampu hijau' keringanan libur bayar cicilan kredit kendaraan mulai hari ini.

Dalam video conference dari Istana Merdeka, Bogor, seperti dilansir dari berbagai sumber, kemudahan sektor usaha kecil tersebut bakal dimudahkan dengan penangguhan pembayaran cicilan kredit kendaraannya.

Insentif ini ditujukan untuk para tukang ojek, sopir taksi, serta nelayan dalam pembayaran cicilan kredit kendaraan bermotor selama satu tahun.

Baca juga: Mau Libur Bayar Cicilan Kendaraan? Ini Caranya!

"Saya sudah cek ke OJK. Mereka sudah menyiapkan skemanya, dan kita akan efektifkan mulai bulan April 2020," kata Jokowi.

"Tukang ojek, sopir taksi, serta nelayan yang sedang memiliki kredit motor atau mobil, saya sampaikan kepada mereka tidak perlu khawatir karena pembayaran bunga atau angsuran diberikan kelonggaran selama satu tahun," lanjut Jokowi.

Ada setidaknya tiga jenis restrukturisasi (keringanan) yang dapat ditawarkan, diantaranya perpanjangan jangka waktu, penundaan sebagian pembayaran dan/atau jenis restrukturisasi (keringanan) lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan.

Sedangkan persyaratannya adalah, program ini berlaku untuk yang terkena dampak langsung Covid-19 dengan nilai pembiayaan di bawah Rp 10 miliar.

Kemudian, para pekerja sektor informal dan/atau pengusaha UMKM. Selain itu, juga harus tidak memiliki tunggakan sebelum tgl 2 Maret 2020 saat Pemerintah RI mengumumkan virus corona.

Nah, yang mengajukan tersebut juga harus memegang unit kendaraannya sebagai jaminan dan ada beberapa kriteria lain yang ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan.

Jadi bagi para pemilik kendaraan yang masih kredit dan ingin pembayarannya ditunda sementara alias libur, bisa mengajukan permohonan ke masing-masing leasing dan tanpa harus bertemu, sehingga tetap bisa menjalankan social distancing.

VIDEO Test Drive Suzuki XL7:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DimasHardstyle 16 April 2020 | 18:18:38

Kebijakan bapak presiden emang terbaik. ojol jadi ga perlu mikirin lagi deh cicilan kredit nya

DHStyle 15 April 2020 | 07:12:42

terbaik emang presiden kita ini. peduli semua orang

Satria Kelana 14 April 2020 | 10:29:45

Alhamdulillah pak Jokowi paling mengagumkan

Reza Fadillah 02 April 2020 | 06:11:53

mungkin biss di tambahkan, seperti cicilan bagi guru honorer yang non PNS

Miskin aman 01 April 2020 | 13:14:32

wah ahirnya bisa bersantai sejenak nih

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id