icon-category Telco

Jurus Telkomsel Atasi Internet Lemot saat Gelar Konser Offline

  • 13 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi mengakses internet saat mengikuti konser offline (Foto: Telkomsel)

    Uzone.id — Datang ke konser berisi musisi-musisi favorit selain menyenangkan, pastinya momen seperti ini selalu jadi “bahan konten” untuk postingan media sosial. Dengan kata lain, konser dan jaringan internet harus menjalin persahabatan erat.

    Hal menariknya, apa jadinya kalau ada konser offline yang digelar oleh perusahaan operator seluler? Tentu koneksi internet serba lancar semakin jadi ‘kewajiban’, karena kalau tidak, pasti banyak yang jengkel bukan kepalang.

    Telkomsel, sebagai perusahaan operator yang baru saja berusia 27 tahun pada Mei kemarin, menggelar loyalty customer experience Telkomsel Fest 2022 — nama populernya Now Playing Festival 2022. Acara ini perdana digelar di Lapangan Manunggal Brigif, Cimahi, Bandung pada 10-12 Juni 2022.

    Baca juga: Set Top Box untuk TV Digital Mulai Dibagikan

    Yup, ini adalah konser musik offline pertama yang diadakan Telkomsel sejak pandemi melanda. Setelah acara di Bandung selesai, Telkomsel bahkan akan melanjutkan festival ini di Palembang, Surabaya, dan Makassar pada 17-19 Juni 2022.

    Lalu apa saja jurus Telkomsel dalam menyajikan layanan internet prima tanpa lemot saat menggelar konser offline?

    “Pastinya kita harus tahu berapa orang yang akan hadir. Dari situ kita bisa memperkirakan berapa BTS tambahan yang kita butuhkan,” ungkap Vice President Network Service Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, A. Moelky Furqan saat ditemui sejumlah media di acara jumpa pers di Cimahi, Minggu (12/6).

    Jika melihat dari pengalaman di acara di Cimahi, Bandung ini, area Brigif ada 3-4 menara BTS Telkomsel. 

    “Kami langsung menambah 4 BTS mobile dengan teknologi massive MIMO yang bisa meng-handle banyak orang 16x lipat dari antena BTS biasa. Jarak antar BTS maksimal 200 meter dan kami memiliki management event handling (MEH), sebuah sistem otomatis yang bisa deteksi jumlah load dan trafik di satu BTS ke yang lain,” lanjut Moelky. 

    Namanya juga hidup di dunia serba digital, Moelky mengakui pihak penyelenggara —dalam hal ini Telkomsel— harus mengenal juga target audiens. Kalau anak-anak muda, pastinya kebutuhan paling tinggi adalah layanan data untuk aktivitas streaming, live di media sosial, dan lain-lain.

    Ia mengklaim, layanan data Telkomsel untuk acara ini ditingkatkan 1.000 kali lipat — atau sekitar 980 persen— untuk trafik download dan upload.

    “Intinya kalau mengadakan event online, layanan data itu jadi prioritas sekitar 80 persen. Meski kalau di crowd [keramaian] kecepatannya nggak akan mirip seperti hari normal. Misal, normalnya 25 Mbps, kalau di crowd setidaknya jaminan 1 Mbps pasti ada,” tutup Moelky.

    Diketahui, pada gelaran pertama di Cimahi, Bandung, Telkomsel menghadirkan keseruan konser musik dari m 30 musisi dan grup band Tanah Air, seperi Dewa 19, Danilla, Bunga Citra Lestari, Tulus, Raisa, Pamungkas, dan Noah.

    Di kota lain tempat digelarnya Telkomsel Fest 2022, masyarakat dapat menikmati berbagai aktivitas hiburan, seperti pertunjukan musik dari penyanyi dan grup band Abdul, Mocca, Jaz, dan lain-lain.

    Baca juga: Telkomsel Mulai Gelar Konser Offline

    Selain gelaran Telkomsel Fest 2022, Telkomsel juga akan menggelar Telkomsel Awards 2022 yang rencananya disiarkan di berbagai platform pada 24 Juni mendatang.

    Telkomsel Awards 2022 merupakan program apresiasi bagi para insan yang telah banyak menginspirasi masyarakat melalui karya dan prestasi mereka, mulai dari bidang musik, film, hingga eSports.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini