icon-category Auto

Kabar Buruk Bagi Honda City, Toyota Vios Terbaru Usung DNGA

  • 06 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    New Toyota Vios (Foto: Toyota)

    Uzone.id - Penjualan mobil small sedan di Indonesia terbilang masih buram. Jauh jika dibandingkan penjualan model city car atau hatchback.

    Meski demikian, pangsa pasar small sedan masih ada dan masih dianggap pasar penting bagi brand besar macam Honda dan Toyota.

    Tengok saja Toyota Vios yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meraih penjualan wholesales pada Maret 2022 cuma sebesar 23 unit, berdasarkan data Gaikindo.

    Selain Vios, TMMIN juga diketahui memproduksi Innova, Sienta, Fortuner, Vios, Yaris dan Veloz.

    BACA JUGA: Cara Pantau CCTV Jalan Tol, Biar Gak Kejebak Macet Horor Arus Balik

    Sedangkan Honda City sedan yang diimpor dari Thailand meraih penjualan wholesales 136 unit. Angka segitu belum bisa dibilang banyak, sih.

    Penjualan Vios di Indonesia memang sangat kecil. Oleh sebab itu, Toyota menggenjot ekspor Vios ke Timur Tengah macam Arab Saudi, Kuwait, Yaman, Bahrain, Oman, Brunei Darussalam, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Lebanon.

    Nah, untuk mengganyang penjualan Honda City sedan yang berkali-kali lipat lebih tinggi, Toyota akhirnya siap mengeluarkan Vios dengan embel-embel 'All New'.

    BACA JUGA: Persiapan Arus Balik, Lakukan Ini Buat Kendaraan Kalian

    Sebuah prototipe Vios tertangkap kamera sedang diuji di Bangkok, Thailand, jelang peluncuran di Q3 2022.

    Mengusung kode D92A, All New Vios kabarnya akan dibangun di atas platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), yang juga digunakan oleh Daihatsu Rocky / Toyota Raize dan Toyota Avanza / Toyota Veloz / Daihatsu Xenia, seperti dilansir Uzone.id dari Paultan.

    Detail awal menunjukkan All New Vios punya desain eksterior yang sebagian terinspirasi oleh mobil Daihatsu DN F-Sedan yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

    Dilaporkan juga jika All New Vios akan mengaspal pertama kali di Thailand dengan mesin bensin empat silinder 1.2 liter dan kemungkinan mendapat transmisi CVT berpenggerak roda depan.

    Selanjutnya di tahun 2023, Vios hybrid akan membawa mesin bensin 1.5 liter dan motor listrik bagian dari Toyota Hybrid System II (THS II) untuk bertarung dengan Honda City e:HEV.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini