home ×
Gadget

Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Merek Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia

30 October 2020 By
Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Merek Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia
Share
Share
Share
Share

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia. (Foto: Dok. Xiaomi)

Uzone.id - International Data Corporation (IDC) telah merilis laporan terbaru terkait pengiriman smartphone pada kuartal ketiga tahun ini (Q3 2020). Seperti dikutip Uzone.id dari Gizmo China, laporan tersebut mengungkapkan bahwa Samsung telah berhasil mempertahankan posisi terdepan mereka.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan itu memiliki pangsa pasar 22,7 persen, karena perusahaan berhasil mengirimkan 80,4 juta unit pada Q3 2020. Pengiriman tersebut menunjukkan pertumbuhan 2,9 persen untuk perusahaan secara year-on-year atau tahun ke tahun.

Baca juga: Nokia Jadi Smartphone Terbaik dalam Pembaruan Keamanan

Sementara itu, Huawei bertengger di peringkat kedua dengan pengiriman 51,9 juta unit, menguasai sekitar 14,7 persen pasar dunia. Jika dibandingkan secara tahun ke tahun, pengiriman Huawei menurun sebesar 22 persen.

Menariknya, Xiaomi berada di posisi ketiga dan telah mengalahkan Apple. Xiaomi meraih pangsa pasar 13,1 persen dan pengapalan 46,5 juta. Ada pertumbuhan 42 persen, terutama karena peningkatan permintaan untuk smartphone kelas bawah dan menengah, terutama di negara berkembang seperti India.

Apple dan Vivo menempati posisi keempat dan kelima dengan pangsa pasar masing-masing 11,8 persen dan 8,9 persen. Apple mengirimkan 41,6 juta unit pada Q3 2020. Vivo mengirimkan 31,5 juta unit.

Baca juga: Apple Akuisisi Startup AI untuk Pencarian Video

Di samping itu, terungkap pula bahwa pada kuartal tersebut, ada penurunan pengiriman smartphone sebesar 13 persen secara tahunan (year-on-year). Angka tersebut lebih baik dari prediksi di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda dunia.

Sekitar 353,6 juta smartphone dikirim pada Q3 2020, yaitu dari Juli hingga September. Sebelumnya, IDC telah memperkirakan akan terjadi penurunan sekitar 9 persen, tetapi faktanya lebih baik dari perkiraan.

VIDEO: Dere R9 Pro Review, Harga Murah Tapi Beneran Pro?

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article