icon-category Auto

Kalau Dijual, Harga Motor Listrik Electrum H5 Lebih Murah dari Vario?

  • 12 Nov 2023 WIB
Bagikan :
Kalau Dijual, Harga Motor Listrik Electrum H5 Lebih Murah dari Vario?
Peluncuran Electrum H5 di Jakarta (Foto: Brian)

Uzone.id - Produsen motor listrik lokal yakni Electrum memperkenalkan motor listrik terbarunya yakni H5 di Indonesia. Perusahaan ini merupakan hasil join venture antara GoTo dan PT TBS Energi Utama.

Sayangnya motor listrik bergaya skuter ini baru disewakan untuk pasar fleet, khususnya mitra Gojek. Namun ke depannya, motor listrik ini akan dijual ke konsumen secara retail yang kabarnya harganya akan lebih murah dari Honda Vario.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Jack Yang selaku CEO Electrum. Menurutnya saat ini Electrum H5 didesain khusus untuk jalanan dan pengguna di Indonesia.

"Kita berbicara dengan orang-orang yang saat ini memakai Honda BeAT, juga Honda Vario. Bahwa kita akan meluncurkan motor baru tahun depan, yang harganya bakal lebih murah," ujar Yang di Jakarta, Kamis (9/11).alt-img

Jack menyebutkan untuk saat ini mitra Gojek yang dapat menyewa Electrum H5 akan dikenakan biaya kurang dari Rp 50.000 per hari.

Sementara ketika ditanyakan secara rinci mengenai harga Electrum H5, Jack menegaskan akan lebih murah dibandingkan Honda Vario.

"Kami memang belum menentukan harga eceran Electrum H5, tapi yang bisa kami jamin adalah, harganya akan lebih murah dibandingkan Honda Vario," tegasnya.

Pihak Electrum memang selalu membandingkan H5 dengan skutik Honda 125 cc itu dalam peluncurannya.

Jika disandingkan, harga Honda Vario 125 saat ini dipasarkan dalam rentang Rp22,5 juta hingga Rp24,4 jutaan. Artinya jika dijual lebih murah maka harganya berada di rentang Rp20 juta hingga Rp21 jutaan dong?

Sebagai tambahan informasi, saat ini Electrum H5 sudah tersedia sebanyak 500 unit yang dapat disewa oleh mitra Gojek.

Soal spesifikasinya, Electrum H5 dibekali penggerak listrik dengan rated power 4 kW. Penggerak listrik ini terpasang di bagian samping dari roda belakang, sehingga tidak membutuhkan belt untuk mengantar tenaga ke roda belakang.

Penggerak listrik tersebut didukung oleh dua baterai berkekuatan 1.8 KwH per baterai. Spesifikasi baterainya sendiri menggunakan 72V 25 Ah per baterai.

Dengan spesifikasi di atas, Electrum H5 mampu menghasilkan tenaga 5,4 kW atau 7,2 dk di 3.000 rpm dan torsi 31 Nm di 1.600 rpm. Dengan bekal tersebut motor listrik ini mampu melaju hingga kecepatan maksimal 90 km/jam dengan jarak hingga 120 kilometer.

Sementara itu untuk pengisian daya baterainya membutuhkan Electrum H5 ini menggunakan sistem swap baterai. Pengisiannya sendiri untuk 20-80 persen membutuhkan waktu kurang dari 2 jam per baterainya.

Baterai ini bisa ditukar di Battery Swap Station (BSS) yang kini terdapat sekitar 40 unit di Jakarta. Targetnya hingga akhir tahun akan terdapat 150 BSS dan lebih dari 1.000 BSS sampai akhir tahun 2024 di Jakarta.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini