icon-category Digilife

Kalau WhatsApp Down, yang Untung (Selalu) Telegram

  • 25 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Dimitri Kalastelev/Unsplash

    Uzone.id - Aplikasi perpesanan WhatsApp alami gangguan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Gangguan ini mulai terjadi pada pukul 14.00 WIB, Selasa, (25/10).

    Error-nya WhatsApp jadi rezeki tersendiri buat aplikasi perpesanan lainnya, seperti Telegram.

    Bahkan, pembahasan "Telegram" sampai berada di daftar Trending Topic Indonesia dengan jumlah cuitan lebih dari 500 ribuan twit.

    Beginilah hikmah dari hidup di era digital. Yang satu sedang gigit jari gara-gara tumbang, layanan serupa seperti Telegram pun bersorak karena diburu oleh banyak pengguna untuk menjaga komunikasi.

    Diketahui, pengguna tak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp seperti biasanya dimana pesan-pesan yang mereka kirim berstatus pending dan ceklis satu alias tak terkirim. Tak hanya pengguna WhatsApp seluler, pengguna WhatsApp Web dan WhatsApp Business pun mengalami gangguan serupa.

    Dari pantauan Uzone.id di website Downdetector, gangguan mulai dilaporkan pada pukul 13:58 WIB. Hingga berita ini turun, laporan mencapai 3.900 laporan dengan detail sebanyak 74 persen mengalami gangguan saat mengirim pesan, 22 persen gangguan aplikasi dan 4 persen gangguan website.

    Sementara di website Downdetector.id, sebanyak 8,800 laporan masuk per jam 14:23 WIB. Dimana 52 persen mengalami gangguan soal aplikasi, 39 persen mengalami gangguan koneksi server dan 9 persen alami situs web.

    Keluhan pun disampaikan oleh warganet dunia mengenai lumpuhnya aplikasi WhatsApp, kata WhatsApp, Ini WA, Ceklis 1, WA Down, Centang 1, Pending dan beberapa kata lainnya  menjadi trending di Twitter. 

    "Parah sihh buka sosmed semua lancar.. Tapi WA malah pending semua keluarga saya juga mengalami semua," kata salah satu warganet di situs tersebut.

    Baca juga: Zuckerberg Pede WhatsApp Lebih Aman Dibanding iMessage

    "S*alan ternyata down, udah hapus instalan terus download lagi hilang dah data data chat penting," keluh warganet lainnya.

    Seperti biasanya, Twitter menjadi tempat kabur warganet sekaligus mencari informasi ketika aplikasi-aplikasi yang mereka gunakan mengalami gangguan.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini