icon-category Auto

Kamera ETLE Akan Dilengkapi Pengenal Wajah, Gimana Kalau Pakai Helm?

  • 30 Nov 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Semenjak dilarangnya polisi untuk melakukan tilang manual, satu-satunya andalan adalah kamera ETLE. Tapi, banyak yang mengakalinya dengan mencopot plat nomor.

Kedepannya, cara itu gak bakal mempan lagi, karena kamera ETLE akan dilengkapi pengenal wajah alias Face Recognition.

Terbatasnya fitur kamera ETLE saat ini yang hanya bisa mengidentifikasi nomor polisi kendaraan, akan terus disempurnakan. Sehingga, gak hanya kendaraannya yang dideteksi, pengendaranya juga.

BACA JUGA: Suzuki S-Cross Pensiun, Grand Vitara Siap Gantikan

"Jadi nanti akan berkembang dengan face recognition, jadi menangkap wajah, namanya siapa alamatnya di mana, punya SIM atau tidak, nanti bisa terdeteksi," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman dikutip  Uzone.id dari Antara.

Fitur Face Recognition ini punya banyak fungsi deteksi, bahkan peruntukkannya tidak hanya untuk mendeteksi pengendara dan kendaraannya, tapi bisa juga sampai ke data dan informasi pribadi lainnya.

Apalagi ketika Polda Metro Jaya bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) selaku pemegang database kependudukan.

BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

Kalau saat ini mencopot plat nomor atau menutup dengan lakban masih ampuh dilakukan, nanti kalau sudah ada fitur Face Recognition jadi sudah gak bisa mengelak lagi.

Eh tapi, bagaimana kalau pengendaranya pakai helm? helm full face pula dengan mika kaca gelap, kan susah?

VIDEO Test Drive Suzuki Baleno Facelift:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini