icon-category Auto

Kapan Hadirkan Xpander Hybrid di Indonesia, Mitsubishi?

  • 20 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Mitsubishi sudah meluncurkan Xpander hybrid di Thailand. Sepertinya, hanya tinggal menunggu waktu untuk juga hadir di Indonesia.

PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan terus mempelajari pasar kendaraan listrik di Indonesia. Oleh karena itu, MMKSI pun tengah mempertimbangkan untuk membawa mobil hybrid baru ke tanah air.

"Kami secara serius mempertimbangkan lebih kuat lagi bagaimana kami bisa memperkenalkan kendaraan hybrid di Indonesia," kata Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita di IIMS 2024.

Kurita mengatakan MMKSI sebelumnya melihat bahwa segmen kendaraan hybrid belum terlalu populer di Indonesia. Hal tersebut terlihat dari minat masyarakat terhadap Mitsubishi Outlander PHEV (Plug in Hybrid Electric Vehicle).

Saat diluncurkan di Indonesia pada 2019, mobil tersebut belum terlalu diminati oleh konsumen dalam negeri. Namun, saat ini minat masyarakat terhadap kendaraan elektrifikasi kian meningkat.

"Waktu kami memperkenalkan pertama kali Outlander PHEV di Indonesia pada 2019 permintaannya belum besar, karena kendaraan listrik belum seperti saat ini," kata dia.

Karenanya, Mitsubishi Inodnesia akan mencoba kembali untuk menghadirkan mobil hybrid melalui Xpander. Dirinya berharap langkah ini akan berhasil, mengingat secara harga jual Xpander jauh lebih murah ketimbang Outlander PHEV.

"Tidak sama persis seperti apa yang diperkenalkan di negara lain, tetapi spesifikasinya kami sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan di Indonesia. kapannya belum bisa kami informasikan, tetapi kepastian studi- studi itu sudah ada," tutup dia.

Mitsubishi Motors Thailand meluncurkan Xpander Hybrid dan juga Xpander Cross Hybrid. Kedua produk mobil 7-penumpang itu dijual di negara gajah putih tersebut mulai dari 912.000 baht atau setara Rp405 jutaan.

Menariknya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Hybrid di Thailand bukan hanya mendapatkan teknologi hibrida, melainkan kapasitas mesinnya pun turut naik. Sekarang, dua mobil 7-penumpang tersebut dibekali mesin bensin 1.600 cc.

"Sistem hybrid EV kami mengusung mesin baru yang dikembangkan berkapasitas 1.6 L, motor listrik dengan output besar dan baterai,"ujar Masahiro Ito selaku Executive Officer, DGM of Product Strategy Division Mitsubishi Motors Corportaion dalam tayangan di Youtube Mitsubishi Motors Thailand.

Masahiro mengungkapkan sistem hybrid pada Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross memiliki beberapa mode yakni EV Mode dan Hybrid Mode. Sistem ini juga bisa membaca secara otomatis kebutuhan berkendara dan sisa baterai.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini