icon-category Gadget

Kapan Tablet Huawei Pakai HarmonyOS 3.0 Dirilis di Indonesia?

Huawei MatePad Pro 11 (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Beberapa waktu lalu, Huawei menggulirkan sistem operasi HarmonyOS 3.0 yang membawa ragam fitur baru, termasuk kemudahan untuk membuka banyak aplikasi dalam satu layar. Kabar baiknya, salah satu perangkat pertama dengan HarmonyOS 3.0 akan hadir ke Indonesia, yakni tablet MatePad Pro 11 inci.

Huawei MatePad Pro adalah tablet Huawei pertama yang mengusung sistem operasi HarmonyOS 3.0 dengan kualitas yang ditingkatkan. Sistem operasi ini hadirkan antarmuka 'PC-like' untuk multitasking.

"Secara fleksibel memungkinkan pengguna untuk membuka berbagai aplikasi berbeda serta 4 tugas sekaligus dari aplikasi bersamaan," klaim Huawei dalam keterangan resmi yang diterima tim Uzone.id.

Mengedepankan sisi produktivitas pengguna, fitur-fitur seperti multi-windows juga ditingkatkan kemampuannya. Kini, aplikasi yang tampil dalam mode mini floating window bisa disesuaikan ukurannya secara fleksibel oleh pengguna.

"Seperti menggunakan sebuah PC," jata Huawei terkait fitur ini.

Baca juga: Foto Huawei MatePad Pro 11

Dengan kemampuan ini, pengguna bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan, seperti mengedit presentasi sembari menyaksikan video tutorial dari mini floating window di saat yang bersamaan atau hadir dalam meeting virtual sembari menghitung menggunakan kalkulator di floating window lainnya.

Huawei MatePad Pro 11 inci pun sudah disematkan fitur Huawei Notes yang jadi fitur bawaan HarmonyOS 3.0. Aplikasi ini memiliki kemampuan edit yang bisa diandalkan dan terintegrasi dengan banyak alat mengedit. 

Apalagi, Huawei MatePad Pro 11 inci juga telah mendukung M-Pencil generasi kedua dengan tingkat sensitivitas tinggi, sehingga membuat pengguna merasa seperti menulis di sebuah kertas. 

Huawei Notes juga membawa ragam pilihan kertas digital dan kuas yang bisa memenuhi preferensi pengguna. Pengguna bisa menulis catatan dengan banyak pilihan materi mulai dari teks, tulisan tangan, sampai dengan gambar.

Hemat waktu dengan pengalaman mencatat bebas repot dengan fitur Handwriting to Text, pilih konten dengan lasso dan mulai konversi, yang mempersingkat waktu memilah dan membagikan notulen dengan mudah.

Spesifikasi Huawei MatePad Pro

Huawei MatePad Pro generasi terbaru ini dilengkapi dengan layar berukuran 11 inci berjenis OLED. Resolusi layarnya mencapai 2K atau 2.560 x 1.600 piksel dengan refresh rate hingga 120Hz. 

Huawei MatePad Pro 11 juga menjadi tablet pertama di dunia dengan sertifikasi Full Care Display 3.0 dari TUV Rheinland. Menurut sang bos Huawei, Richard Yu, sertifikat ini menjamin keamanan dan kenyamanan mata pengguna saat memakai tablet ini.

Huawei MatePad Pro 11 inci ditenagai dua jenis prosesor, Snapdragon 888 dan Snapdragon 870. Tapi, belum diketahui varian mana yang dibawa ke Indonesia.

Untuk ‘menjinakkan’ dapur pacunya, Huawei menyematkan 3D Graphene dan vapor chamber untuk menjaga prosesor tidak overheat. Kemudian dipasangkan dengan RAM 8 GB atau 12 GB, penyimpanan internal 128 GB, 256 GB atau 512 GB.

Huawei MatePad Pro 11 ditopang oleh baterai jumbo. Kapasitasnya 8.300 mAh yang dapat bertahan sampai 11,5 jam untuk memutar video. 

Baca juga: Mengenal Canggihnya Teknologi Fast Charging di Smartphone

Varian dengan prosesor Snapdragon 888 mendukung pengisian daya cepat 65W dengan adaptor charger 40W dalam paket pembeliannya. Sedangkan model Snapdragon 870 memiliki fast charging 40W yang dibekali dengan adaptor charger 22,5W dalam paket pembeliannya.

Di bagian kamera, terdapat kamera utama 13MP dan kamera ultra wide 8MP di belakang. Kedua kamera ini tergabung dalam bingkai berbentuk lingkaran yang membuatnya tampil beda. Sementara di depan, ada kamera selfie 16MP.

Fitur lainnya, tablet terbaru Huawei ini mendukung WiFi 6, Bluetooth 5.2 dengan AAC dan DLAC untuk audio, port USB-C Gen 3.1, serta 6 speaker dengan cinematic audio.

Meluncur 16 Agustus mendatang 

Tablet terbaru Huawei MatePad Pro 11 inci sendiri akan diluncurkan resmi ke pasar Indonesia pada 16 Agustus mendatang. 

Menuju tanggal rilisnya, pelanggan dapat melakukan pre-order pada 16 - 26 Agustus 2022 secara online melalui e-commerce Tokopedia, Shopee dan Blibli. Selain itu, nantinya pelanggan juga bisa mendapatkan Huawei MatePad Pro secara offline di Huawei Authorized Experience Store, Erafone, dan mitra penjualan lainnya.


Selama masa pre-order, pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan bundling dengan mendapatkan Huawei Smart Magnetic Keyboard dan M-Pencil generasi kedua dan benefit dari aplikasi pendukung senilai total Rp4,1 Juta di dalam setiap pembelian.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini