icon-category Digilife

Kartini Era Kini, Pegiat UMKM Perempuan Berkuasa Lewat Platform Digital

  • 21 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Blake Wisz/Unsplash

    Uzone.id - RA Kartini pastinya bakal bangga pada perempuan Indonesia masa kini yang terus menunjukkan peran mereka di semua bidang. Tak hanya pendidikan, perempuan kini juga mengambil andil yang cukup besar untuk memajukan perekonomian Indonesia.

    Menurut hasil survei terbaru Populix yang berjudul The Womenpreneurial Spirit in Indonesia, mayoritas perempuan di Indonesia pernah berwirausaha untuk mencari penghasilan tambahan. 

    “Sebagai kelompok mayoritas di kalangan pelaku UMKM, perempuan berperan penting dalam menggerakkan perekonomian nasional,” ungkap Eileen Kamtawijoyo, Chief Operating Officer Populix dalam siaran pers yang diterima Uzone.id, Kamis, (21/04/2022).

    “Di antara para perempuan yang disurvei, 79 persen responden mengatakan bahwa mereka pernah menjalankan usaha dengan menjual produk atau menawarkan jasa,” tambahnya.

    Baca juga: Hari Kartini, Saatnya Dorong Peran Perempuan di Bidang Teknologi

    Populix juga mengungkapkan alasan perempuan untuk nyebur ke dunia wirausaha antara lain untuk mengisi waktu luang (47 persen), membantu perekonomian keluarga (35 persen), mencari kesenangan (25 persen), dan memanfaatkan momentum (19 persen).

    Adapun untuk mempromosikan usaha mereka, platform digital dan word of mouth menjadi pilihan yang paling banyak dipilih. Sebut saja aplikasi pengiriman pesan dan media sosial jadi platform yang dipilih untuk memperkenalkan usaha mereka.

    Selain itu, pegiat UMKM juga melakukan promosi dengan melakukan penawaran secara langsung kepada teman, keluarga dan orang terdekat.

    UMKM yang kini memegang peranan besar untuk ekonomi Indonesia semakin go digital agar terus bertahan di tengah gempuran teknologi yang semakin canggih. Dari yang biasanya transaksi dilakukan secara offline, berubah menjadi serba digital karena adanya pandemi COVID-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat.

    Tokopedia, salah satu e-commerce Indonesia yang paling banyak digunakan masyarakat mengatakan bahwa hampir keseluruhan pegiat usaha di platformnya adalah UMKM.

    Dari laporan terbaru yang disampaikan oleh VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat, pada Kamis, (21/04/2022), pegiat usaha UMKM perempuan di Tokopedia naik sekitar 2,5 kali lipat.

    Baca juga: Ini Alasan Kenapa Perempuan Harus Pantang Menyerah Berantas Hoaks

    Kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi berasal dari Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Balikpapan, dan juga Denpasar.

    Oleh karena itu, Tokopedia terus mendukung kesetaraan peluang untuk UMKM lokal agar memiliki kesempatan yang sama untuk emngembangkan bisnis mereka, baik itu perempuan atau laki-laki, maupun pegiat usaha di berbagai daerah.

    Beberapa kampanye seperti HyperLocal dan juga kerjasama dengan mitra strategis terutama pegiat UMKM perempuan pun dilakukan Tokopedia untuk mendukung pegiat usaha perempuan di platformnya.

    Adapun beberapa barang dan jasa yang banyak dijual oleh pegiat usaha perempuan adalah makanan dan juga pakaian. Terlebih saat Ramadan kali ini, pegiat UMKM tak ingin kehilangan momentum untuk menjual produk-produk mereka.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini