home ×
Digilife

Karya Digital Terjual Rp992 Miliar, Rekor Sejarah Kriptografi

12 March 2021 By
Karya Digital Terjual Rp992 Miliar, Rekor Sejarah Kriptografi
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Rumah lelang Christie berhasil menjual karya seni digital pertama pekan kemarin. Karya digital tersebut merupakan sebuah foto kolase tapi tidak dihiasi pigura atau dipajang dimana-mana, melainkan di media sosial.

Yang menarik, karya digital itu dilelang tanpa wujud melainkan berupa token kriptografi khusus yang mewakili benda unik. Karya ini meraih harga tertinggi yang dibayarkan untuk NFT, yakni rekor seharga USD69 juta (sekitar Rp992 Miliar).

Foto kolase itu diberi tajuk 'Everydays: The First 5000 Days', merupakan karya Mike Winkelmann, yang menggunakan nama alias 'Beeple'. Karya tersebut merupakan kolase dari 5.000 gambar yang dibuat dan di-posting setiap hari selama 13,5 tahun tahun terakhir.

Baca juga: Pendiri Twitter Jual Cuitan Pertamanya

Awalnya karya berbagai ilustrasi tersebut dibuat dengan pena dan kertas, hingga pada akhirnya sekarang sebagian besar menggunakan perangkat lunak ilustrasi. Sketsa yang digambar juga beragam, mulai dari gambar garis sudut bayi pertamanya, ke Hillary Clinton, hingga karakter kartun terkenal.

"Penawar yang menang memiliki hak atas karya tersebut dalam bentuk rangkaian kode unik NFT. Karya tersebut tidak memiliki bentuk fisik, melainkan akan dikirim langsung dari Beeple ke pembeli, dan disertai dengan NFT unik yang dienkripsi dengan tanda tangan yang tidak dapat ditiru serta dapat diidentifikasi oleh blockchain,” ujar rumah lelang Christie dikutip dari NBC News, Jumat, 12 Maret 2021.

Popularitas NFT melonjak dalam beberapa bulan terakhir. Penyanyi dan seniman visual Grimes menjual seni digital senilai USD6 juta (sekitar Rp86 Miliar) bulan lalu, dan CEO Twitter Jack Dorsey sedang melelang tweet pertamanya - sebuah postingan pada tanggal 21 Maret 2006 yang bertuliskan "baru saja menyiapkan twttr saya" - sebagai token non-fungible. Penawaran saat ini mencapai USD2,5 juta (sekitar Rp34 Miliar).

Baca juga: Ramai Ghosting di Twitter, Seret Nama Kaesang dan Jokowi

Noah Davis, seorang spesialis pasca-perang dan seni kontemporer untuk Christie, mengenalkan Beeple ke rumah lelang setelah menyaksikan popularitas artis grafis tersebut semakin meningkat.

"Dalam 10 menit pertama dari penjualan ini, kami mendapatkan lebih dari 100 penawaran. Kami beralih dari tawaran awal USD100 menjadi lebih dari USD1 juta. Kami memiliki penawar dari tujuh negara yang berbeda," kata Davis kepada Yahoo Finance.

Karya digital Beeple telah membuatnya mendapatkan 1,8 juta pengikut di Instagram serta kolaborasi dengan Louis Vuitton, Katy Perry, dan Nike.

NFT juga dapat melakukan apa yang tidak bisa dilakukan oleh kejeniusan Picasso, yakni menghasilkan aliran keuntungan masa depan untuk sang artis setiap kali karya berpindah tangan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article