icon-category Gadget

'Kaum Mending' Jangan Beli Motorola Razr 3, Mahal!

Uzone.id - Motorola saat ini sedang sibuk mempersiapkan smartphone lipat model clamshell generasi ketiga yang disebut Motorola Razr 3. Walau belum ada kabar kapan pesaing Samsung Galaxy Z Flip4 itu akan meluncur, tapi bocoran spesifikasi sampai harga dari Motorola Razr 3 sudah tersebar luas di jagat maya.

Secara desain, ponsel ini justru malah mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip3. Berdasarkan cuplikan video berformat GIF yang dibagikan leakster terkenal Evan Blass di Twitter, ponsel ini tampil dengan bentuk yang berbeda dibanding Motorola Razr dari 2019 dan Razr 5G yang hadir pada 2020 yang lalu.

Di belakang, ada modul kamera yang menyimpan dua kamera belakang. Tepat di bawahnya, terdapat layar berukuran lumayan besar untuk menampilkan notifikasi, waktu, dan informasi lainnya.

Baca juga: Wujud Samsung Galaxy Z Flip4

Sementara di depan, layarnya kini lebih bezel-less dibandingkan generasi terdahulu. Lalu, ada lubang kamera mungil di tengah atas sebagai tempat bagi kamera selfie.

Motorola Razr 3 juga memiliki tombol power yang bertugas ganda sebagai pengenal sidik jari untuk membuka kunci layar.

Bocoran spesifikasi Motorola Razr 3

Tak seperti model sebelumnya, smartphone lipat Motorola kini dibekali prosesor terkini yang jauh lebih kencang. Dari rumor yang beredar, Snapdragon 8 Gen 1 atau 8+ Gen 1 akan disematkan di dalamnya.

SoC (system on chip) ngebut dari Qualcomm ini dipasangkan dengan RAM 6 GB, 8 GB hingga 12 GB dan memori penyimpanan 128 GB, 256 GB sampai 512 GB. Model tertinggi tentu saja memiliki RAM dan penyimpanan yang paling lega.

Adapun untuk layarnya, berjenis AMOLED fleksibel yang sudah beresolusi Full HD+ dan mendukung refresh rate 120Hz.

Lipatan layarnya begitu rata, sehingga tak celah antara layar ketika ponsel dilipat. Hal ini memperkecil kemungkinan ponsel kemasukan debu yang berpotensi menggores layarnya yang tipis.

Sementara untuk layar sekunder, belum diketahui besarannya. Yang jelas, ukurannya lebih luas ketimbang Samsung Galaxy Z Flip3.

Harga Motorola Razr 3 lebih mahal

Dikutip dari GSMArena, Motorola Razr 3 bakal menjadi smartphone lipat clamshell dengan harga yang tinggi ketika diperkenalkan nanti. Di Eropa misalnya, harganya akan mencapai 1.149 Euro atau setara Rp17,9 jutaan untuk model terendah.

Harganya memang lebih murah ketimbang Razr 5G, tapi tetap lebih mahal dari Samsung Galaxy Z Flip3. Ponsel Samsung ini dibanderol 949 Euro atau Rp14,8 jutaan di Eropa.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip3 Pokemon Edition Bikin Gemes

Kalau Samsung nantinya merilis Galaxy Z Flip4 dengan harga yang serupa seperti seri terdahulu, bakal sangat berat melihat Razr 3 untuk bisa bersaing dengan harga yang lebih tinggi.

Apalagi, pilihan warnanya cuma satu Quartz Black, kontras banget dengan Galaxy Z Flip4 yang mungkin punya banyak pilihan warna.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini