Kebakaran Toyota Belum Pernah Disebabkan Mobilnya - Uzone
home ×
Auto

Kebakaran Toyota Belum Pernah Disebabkan Mobilnya

14 May 2020 By
Kebakaran Toyota Belum Pernah Disebabkan Mobilnya
Share
Share
Share

Uzone.id - Toyota Alphard dilaporkan terbakar di Jalan Iskandar Muda, Pondok Indah, Jakarta Selatan, awal pekan ini.

Menurut keterangan petugas, diduga mobil mengalami korsleting. Sebab, mobil tiba-tiba mengeluarkan asap dari bagian mesin ketika digunakan.

Toyota Astra Motor pun memberikan tanggapannya atas insiden yang menimpa MPV premium ikonik Toyota tersebut.

Baca juga: Skutik 150cc Rasa Honda Vario Seharga Rp4 Jutaan

Selain belum ada laporan detail dari bengkel resmi, hingga saat ini pihak kepolisian belum meminta pihak Toyota secara resmi untuk ikut melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

"Kita sudah diinfo oleh diler, intinya sedang menunggu informasi lebih lanjut. Belum ada panggilan untuk TAM mengunjungi unit tersebut, karena saya rasa penanganan unit ini berada di tangan yang berwajib," ujar Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Namun Toyota sip jika memang diminta pihak kepolisian untuk melakukan investigasi penyebab kebakaran Alphard tersebut.

Perkiraan awal TAM, sumber kebakaran bukan berasal dari internal mobil, melainkan dari luar. Asumsi ini timbul berdasarkan pada sejumlah kasus serupa yang melibatkan mobil Toyota.

Seperti kasus Camry hampir terbakar di JORR beberapa waktu lalu, setelah diinvestigasi ditemukan bekas yang sepele tapi berkaitan dengan safety, yaitu bekas handuk atau lap cucian mobil ditinggal di bagian mesin.

"Jadi waktu itu bukan mobilnya terbakar ya, tapi keluar asap jadi handuk ini yang terbakar. Bukan mobilnya. Hingga akhirnya merembet ke tempat yang lain. Kebetulan waktu itu mobil tidak sampai terbakar total," lanjutnya.

Penyebab umum lainnya, menurut Anton, bisaya karena ada modifikasi atau pemasangan aksesoris elektrikal yang tidak berdasarkan standar pabrikan Toyota, misalnya, mengganti lampu halogen dengan HID sendiri.

Potensi kebakaran sangat mungkin terjadi pada proses sambungan perkabelan yang tidak presisi dan tidak sesuai standar keamanan pabrikan.

"Seingat saya kebakaran yang melibatkan mobil Toyota belum pernah datang dari mobil itu sendiri, melainkan beberapa hal misalnya ketinggalan barang atau pemasangan aksesori," tutup Anton.

VIDEO Bocoran 7 Mobil Baru Siap Meluncur Pasca Pandemi di Indonesia

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 19 May 2020 | 05:39:35

mungkin mobilnya tidak kuat di gunakan terlalu lama

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article