home ×
Digilife

Kecepatan Internet di Indonesia Paling Lelet Kedua di ASEAN

09 September 2021 By
Kecepatan Internet di Indonesia Paling Lelet Kedua di ASEAN
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Di masa serba digital sekarang, koneksi internet menjadi yang paling dibutuhkan orang-orang. Apalagi saat ini, kecepatan internet sangat mempengaruhi kelancaran aktivitas sehari-hari, termasuk belajar online dan bekerja.

Sayangnya, sebuah laporan yang disajikan oleh SpeedTest Intelligence pada Minggu, 05/09/2021, Indonesia berada di urutan paling bawah kedua soal kecepatan internet di negara-negara ASEAN, di bawah Kamboja.

Baca juga: Cetak Rekor Dunia, Kecepatan Internet Jepang Tembus 319 Tb per Detik

Dalam laporan untuk kuartal 1 dan 2 tahun 2021, kecepatan internet download di Indonesia hanya berkisar 14,78 Mbps, lebih unggul sedikit dari Kamboja dengan kecepatan sekitar 13,96 Mbps.

Sedangkan negara ASEAN dengan kecepatan internet paling cepat adalah Singapura dengan kecepatan unduh mencapai 57,42 Mbps, diikuti Brunei Darussalam di posisi kedua dengan kecepatan 47,02 Mbps.

Untuk urutannya sendiri dari yang paling cepat ke yang paling lambat dimulai dari Singapura, Brunei Darussalam, Laos, Malaysia, Filipina, Indonesia dan Kamboja.

Baca juga: Survei Speedtest: Kecepatan Internet Mobile Indonesia Tertinggal dari Kamboja

Kabar baiknya, meski jadi yang paling lelet kedua di ASEAN, ternyata kecepatan di Indonesia mengalami peningkatan dari tahun lalu.

Menurut laporan SpeedTest, Indonesia menunjukkan peningkatan sebesar 4,23 Mbps dalam median kecepatan unduh dari 10,55Mbps di Q2 2020 menjadi 14,78 Mbps di Q2 tahun 2021.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id