icon-category Gadget

Kelebihan Asus ExpertBook B7 Flip, Laptop 5G Pertama di Indonesia

Asus ExpertBook B7 Flip (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Bukan cuma smartphone saja yang sudah 5G, laptop pun telah mendukung jaringan generasi kelima yang super ngebut. Adalah Asus ExpertBook B7 Flip yang jadi laptop pertama di Indonesia dengan dukungan internet 5G untuk membantu pengguna agar selalu terhubung ke internet kapan saja.

Menyandang predikat sebagai laptop bisnis, Asus ExpertBook B7 Flip tak dirancang dengan desain yang kaku dan bulky. Justru, laptop ini tampil ramping seperti halnya seri VivoBook maupun ZenBook yang ditujukan bagi pengguna kasual. Ketebalannya hanya 1,89 cm dengan bobot total 1,44 kg saja.

Desainnya convertible yang membuat layarnya bisa diputar-putar hingga 360 derajat. Penggunaannya tak terbatas hanya satu mode saja, tapi bisa berbagai macam model pemakaian. Laptop ini bisa dipakai pada mode tent, tablet, hingga mode clamshell.

Mode pemakaian yang beragam didukung pula dengan layar touchscreen yang menawan. Asus ExpertBook B7 Flip mengusung layar berjenis IPS LCD berukuran 14 inci dengan resolusi mencapai 2K alias WQXGA (2.560 x 1.600 piksel).

Layarnya memiliki aspek rasio tradisional 16:10 yang cukup luas, dapat menayangkan konten di intensitas cahaya maksimal 400 nits, dilapisi anti-glare, dan mendukung input touchscreen dengan stylus.

Baca juga: Wujud Asus ExpertBook B3 dan B7 Flip

Kendati memiliki form factor yang ringkas, Asus ExpertBook B7 Flip dibangun dengan material yang tahan banting. Tak tanggung-tanggung, laptop 5G ini sudah mengantongi sertifikasi uji ketahanan berstandar militer Amerika Serikat (AS) dengan kode MIL-STD 810H.

Untuk mendapatkan sertifikasi ini tak mudah. Banyak pengujian ekstrem yang perlu dilalui, seperti uji operasional pada suhu dan kelembaban ekstrem, uji guncangan, hingga getaran. Semuanya dapat ditangani dengan baik oleh laptop terbaru Asus ini.

Asus ExpertBook B7 Flip sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core yang bertenaga, walau belum menggunakan Intel 12th Gen. Laptop 5G terbaru Asus itu ditopang oleh dua varian prosesor Intel 11th Gen, yakni Intel Core i5-1155G7 dan Intel Core i7-1195G7.

Prosesor tersebut dipadukan dengan kartu grafis Intel Xe terintegrasi, sehingga tidak hanya andal dalam urusan pengolahan data, tetapi juga memiliki performa grafis powerful untuk menunjang aktivitas bisnis.

Agar lebih gesit, ExpertBook B7 Flip dilengkapi dengan RAM DDR4 berkapasitas hingga 16 GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1 TB. Hadirnya dua komponen penting tersebut membuat ExpertBook B7 Flip tampil sangat gegas baik dalam hal booting hingga menjalankan aplikasi dan melakukan multi-tasking.

Baca juga: Mengenal Asus ROG Flow Z13

Asus ExpertBook B7 Flip juga sudah disematkan sistem pendingin Advanced Hybrid Cooling System atau AHCS. Sistem pendingin itu dirancang agar panas dapat dilepas secara optimal melalui serangkaian heatpipe dan pelat metal berukuran lebih besar.

Adapun soal baterai, laptop bisnis dari Asus itu menggunakan baterai 3-cell Li-ion dengan kapasitas 63 WHrs yang diklaim punya daya tahan sampai 12 jam pemakaian normal.

Fitur lainnya, Asus ExpertBook B7 Flip memiliki opsi konektivitas WiFi 6 terbaru yang didukung Asus WiFi Master untuk menjamin kecepatan internet stabil dengan kualitas sinyal yang bagus. Lalu, ada fitur Private View yang membatasi sudut pandang layar agar tak mudah diintip orang lain.

Menariknya, laptop 5G ini sudah dibekali dengan teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling yang dapat menghilangkan suara bising pengguna dan lawan bicara secara real-time. Fitur ini amat berguna saat melakukan video conference dengan lingkungan yang cukup gaduh.

Asus ExpertBook B7 Flip dijual dalam beberapa model, baik yang tidak mendukung koneksi seluler atau sudah menunjang 5G da 4G LTE. Varian laptopnya pun terbagi lagi tergantung jenis prosesor yang digunakan.

Baca juga: Penampakan Laptop "Rasa" Tablet, Asus VivoBook 13 Slate OLED

Untuk harga, laptop tanpa dukungan koneksi seluler dijual mulai Rp 22 jutaan. Sedangkan Asus ExpertBook B7 Flip dengan dukungan 5G dan 4G LTE dibanderol dengan harga mulai Rp 31 jutaan.

Asus memberikan 3 tahun garansi global, serta menawarkan ragam opsi untuk layanan purna jual. Pelaku bisnis dan instansi dapat memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan hingga 100%, layanan Onsite Service, hingga VIP Support Line yang dapat memberikan dukungan teknis khusus.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini