icon-category Gadget

Kenalan dengan ISOCELL HP2, Sensor Kamera 200 MP untuk Galaxy S23 Ultra

Ilustrasi Samsung Galaxy S23 Ultra

Uzone.id - Jelang peluncuran Samsung Galaxy S23 Series, Samsung mengumumkan kehadiran sensor kamera 200 MP ISOCELL HP2. Sensor kamera 200 MP itu diharapkan bakal disematkan Samsung pada smartphone flagship terbarunya yang akan rilis 1 Februari mendatang, yaitu Galaxy S23 Ultra.

Samsung ISOCELL HP2 merupakan sensor berukuran 1/1.3” dengan ukuran piksel 0.6μm. Kamera tersebut punya keunggulan untuk memperlebar rentang dinamis dan meningkatkan reproduksi warna saat pengambilan gambar terjadi.

Samsung mengklaim, ISOCELL HP2 mengusung teknologi sensor gambar beresolusi tinggi yang sudah dirancang khusus untuk menghasilkan detail yang luar biasa. Statement tersebut pun memperkuat posisi HP2 yang jauh lebih baik dari ISOCELL HP1 maupun HP3.

Sensor ini menggunakan teknologi pencitraan terbaru bernama Tetra2pixel dengan beberapa skenario pengambilan gambar yang tergantung intensitas cahaya yang diterimanya. 

Kalau cahaya redup atau gelap, ISOCELL HP2 bisa diatur untuk mengambil gambar dengan proses 4-in-1 pixel binning yang menghasilkan foto di resolusi 50 MP. 

Baca juga: Harga Samsung Galaxy S23 Ultra Lebih Mahal, Tipe Termurah Nyaris Rp19 Juta

Namun kalau cahaya mendukung, proses 16-in-1 pixel binning bakal diterapkan dengan keluaran foto beresolusi 12,5 MP. Pastinya, kamera tersebut dapat mengabadikan momen di resolusi sesungguhnya 200 MP.

Video beresolusi sampai 8K pada 30 FPS juga sudah didukung oleh sensor ini. Mengingat resolusinya yang tinggi, perlu prosesor atau dapur pacu yang kuat juga untuk menopang pemrosesan gambarnya.

Didukung Dual Vertical Transfer Game (D-VTG)

Teknologi pencitraan terbaru yang diterapkan Samsung pada sensor ISOCELL HP2. Teknologi D-VTG dapat mengurangi efek pudar saat pengguna memotret di lingkungan dengan kondisi over brightness.

Teknologi ini juga dapat mengurangi efek over exposure, sekaligus meningkatkan reproduksi warna dari foto. Alhasil, keluaran foto memiliki warna yang natural dengan detail yang menakjubkan, walau diambil pada intensitas cahaya yang berlebihan.

Sementara untuk pemotretan malam hari, terdapat teknologi Super QPD yang mengerahkan seluruh 200 juta piksel untuk meningkatkan fokus saat pengambilan gambar berlangsung. Dampaknya, kecepatan fokus lebih cepat dengan hasil foto yang minim noise dan berkualitas.

Baca juga: 7 Smartphone Flagship yang Bakal Warnai 2023, Ngincer yang Mana?

Suka memotret di mode HDR? Samsung ISOCELL HP2 dibekali dengan fitur Dual Slope Gain (DSG) untuk pertama kalinya dalam mode 50 MP. Singkatnya, teknologi ini dapat menangkap dua eksposur sekaligus untuk menghindari resiko kehilangan detail saat mode HDR diaktifkan.

Fitur lainnya, ada Smart-ISO Pro yang memungkinkan kamera mengambil foto di resolusi 12,5MP sekaligus merekam video 4K pada 60fps dalam mode HDR.

Saat ini, Samsung menyatakan kalau ISOCELL HP2 200 MP sudah diproduksi. Kemungkinan besar, sensor tersebut bakal disematkan pertama kali pada Samsung Galaxy S23 Ultra.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini