Gadget

Kenalan dengan Robot-robot Pintar yang Unjuk Gigi di CES 2021

  • 14 January 2021
  • Bagikan :

    Foto: Vanguard Industries

    Uzone.id -- Pameran teknologi CES 2021 yang berlangsung secara virtual turut diramaikan dengan kehadiran jajaran robot pintar yang siap membantu pekerjaan manusia dengan kemampuan teknologinya.

    Tiap robot yang dipamerkan di ajang CES 2021 memiliki fungsi sendiri-sendiri, berikut beberapa di antaranya yang memikat perhatian.

    Bot Care dan Handy (Samsung)
    Samsung memperkenalkan dua robot ini secara berbarengan dan dari segi tampilan, keduanya tampak begitu selaras.

    Bot Care dibekali teknologi AI yang dapat mengenali lingkungan sekitar dan memberi respons terhadap perilaku manusia.

    “Anda sudah bekerja di depan komputer terlalu lama,” ucap Bot Care ke mitranya, yang tak lain dan tak bukan adalah manusia. “Coba stretching dan istirahat sebentar, bagaimana?”

    (dok. Samsung)

    Bot Care juga diproyeksikan dapat mendampingi dan memberikan pengingat untuk tren rapat (meeting) di masa depan dan mengaktifkan tablet dari atas kepalanya selama rapat berlangsung.

    Baca juga: 4 Produk Unik di CES 2021, Kursi Gaming dengan TV Transparan Sampai Lipstik Pintar

    Lalu, robot satunya, Handy, diberi nama demikian karena Samsung membekalinya dengan perangkat tangan besar untuk mengerjakan berbagai macam tugas. Ditenagai oleh AI juga, Handy dapat mengenali objek-objek di sekitarnya, jadi ia akan tahu jenis barang yang dapat pecah misalnya seperti piring atau gelas.

    Selama proses demo, Handy dapat mengerjakan pekerjaan seperti mencuci piring, mengatur meja makan, dan menuangkan minuman anggur.

    JetBot 90 (Samsung)
    Pada kesempatan berikutnya, Samsung kembali memperkenalkan robot JetBot 90, robot pintar untuk melakukan tugas vakum ruangan.

    (dok. Samsung)

    Mengutip USAToday, JetBot 90 menggunakan deteksi cahaya dan jarak (LIDAR), teknologi yang biasa dipakai untuk mobil tanpa kemudi setir yang dapat mengukur jarak. Selain LIDAR, JetBot 90 juga dibekali AI untuk bergerak secara efisien di sekitar rumah dan melakukan kegiatan bersih-bersih.

    Kurang lebih, JetBot 90 dapat membersihkan kotoran dan debu, serta mengumpulkannya di kantong yang akan ia ganti setiap dua-tiga bulan sekali. Ketika sudah selesai mengerjakan tugasnya, JetBot 90 akan kembali ke tempatnya.

    CLOi (LG)
    Robot ini diberi nama CLOi oleh LG, memiliki tinggi 1,5 meter dan dilengkapi oleh susunan tiga cahaya ultraviolet di tiap sisinya yang berfungsi membasmi kuman di sekitarnya sembari ia berjalan mengelilingi ruangan.

    (dok. LG)

    Yup, CLOi dapat membantu untuk mensterilkan ruangan, apalagi di kondisi seperti sekarang. LG juga membekalinya dengan sensor LIDAR yang dapat mendeteksi dimensi ruangan. Robot pintar CLOi ini dapat melakukan tugasnya dalam kurun 10-12 menit.

    Baca juga: LG Pamer Ponsel Gulung di CES 2021

    CLOi disebut-sebut sudah ditaksir oleh hotel, restoran, sekolah, fasilitas kesehatan, dan bisnis travel. LG bahkan berharap bisa mulai mengirimkan robot ini ke mitra-mitra perusahaan mulai April mendatang dan tengah bekerja sama dengan FDA (Food and Drug Administration) dan lembaga pemerintah lain untuk mendapatkan sertifikasi kemampuan membunuh virus.

    Moflin (Vanguard Industries)
    Robot sebagai ‘peliharaan’ tentu menggemaskan, karena dapat menjadi teman bagi yang sering kesepian.

    (dok. Vanguard Industries)

    Vanguard Industries fokus pada pengembangan ‘peliharaan’ berbasis AI, dalam hal ini berbentuk robot yang memiliki kemampuan emosional dan dapat menemani manusia seperti halnya hewan peliharaan pada umumnya.

    Tampilannya sengaja dibuat menggemaskan, berbulu, dan memiliki kepribadian seperti hewan peliharaan yang dapat dielus, disayang, dan ditimang.