icon-category Auto

Kenalan dengan Subaru Rex, Kembaran Daihatsu Rocky di Jepang

Uzone.id - Kalau di Indonesia, kembaran Daihatsu Rocky adalah Toyota Raize, beda halnya kalau di Jepang. SUV ini punya kembaran lainnya bernama Subaru Rex, SUV yang juga menggunakan platform DNGA.

Hanya saja, mobil ini tidak dijual di negara lainnya karena berstatus JDM atau Japan Domestic Market. Tapi jangan kecewa, karena Daihatsu Rocky dan Subaru Rex ini bak pinang dibelah dua, mirip banget!

Baik secara eksterior dan interior, kedua mobil ini mirip banget. Perbedaan paling kentara mungkin pilihan mesinnya saja. Kalau Daihatsu Rocky punya dua pilihan mesin, Subaru Rex hanya satu mesin saja dengan kode WA-VE.

Baca juga: Pembeli Pertama Subaru BRZ di Indonesia Sudah Bisa Geber Mobilnya

Mesin ini berkapasitas 1.200 cc dan 3-silinder, yang bisa menghasilkan tenaga hingga 85,8 tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm.

Mengutip dari Paultan, Subaru Rex berpenggerak roda depan dan cuma tersedia dengan transmisi CVT saja. Dari pengujian internal Subaru, mobil terbarunya bisa mencapai jarak 23,6 km per liternya jika menggunakan standar JC08.

Dari eksterior, Subaru Rex punya pilihan velg 16 inci dan 17 inci, mengusung lampu depan dan kabut bertipe LED, hingga rem tangan manual atau elektronik. 

Sisanya, Subaru Rex punya fitur-fitur yang mirip seperti Daihatsu Rocky, seperti kluster instrumen digital berukuran 7 inci, head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay, kemudi yang berlapis urethane atau kulit sintetis, dan sebagainya.

Nah, ada yang beda lagi di Subaru Rex. Mobil ini menggunakan teknologi EyeSight berbasis Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang disebut-sebut merupakan rancangan dari Subaru langsung.

Baca juga: Daihatsu Luncurkan Rocky Hybrid, Disewakan Sejutaan Perbulan

Beberapa fitur andalan dari EyeSight adalah monitoring blind spot, pengereman darurat secara otomatis, pengenalan rambu lalu lintas, high beam assist, adaptive cruise control, lane keeping assist, lane departure warning, road departure warning, hingga rear cross traffic alert, lengkap dengan monitor tampilan panorama dan bantuan parkir.

Subaru Rex dijual dengan harga 1,82 juta Yen atau sekitar Rp200 jutaan untuk model terendah dan 2,171 juta Yen atau setara Rp242 jutaan untuk varian tertinggi. Subaru tidak menargetkan penjualan yang banyak, hanya 150 unit per bulannya saja.

VIDEO Review Toyota bZ4X, Calon Mobil Listrik Terlaris:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini