icon-category Auto

Kenalan Sama Rani, Suzuki Jimny Siera yang Dimodif Jadi Offroad Camper

  • 10 Jul 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Suzuki Jimny Siera sudah menjadi salah satu mobil yang langka di Indonesia, bahkan menjadi salah satu incaran para kolektor mobil. Nah Jimny Siera yang satu ini enggak cuma langka, tapi juga dimodifikasi menjadi sebuah offroad camper.

Mobil Suzuki Jimny Siera berkonsep Offroad Camper ini dimiliki oleh Kemas Ariz Calio yang juga merupakan member Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Bekasi Raya. Om Ariz sapaan akrabnya, memang mencintai Suzuki Jimny hingga memiliki dua unit di garasinya dan yang satu ini diberi nama Rani.

"Jadi ini Super Jimny, tipe ini adalah Siera tahun 84. Ini mobil sebenarnya spek offroad, saya buat begini karena sukanya touring, camping, overlanding, jadi saya bikin kurang lebih yang sesuai. Dipakai touring, overland nginep gausah capek-capek lagi," ujar Om Ariz ketika ditemui oleh Uzone.id di Anyer, Banten.

alt-img

Bukan hanya untuk camping dan garuk tanah saja, Suzuki Jimny Siera bergaya offroad camper itupun digunakan untuk harian sama Om Ariz.

"Jadi ceritanya saya butuh mobil plat genap, saya punya cuma ganjil. Di tahun 2018 itu saya punya budget yang sepertinya cukup buat bangun Suzuki Jimny Siera. Akhirnya saya beli dan bikin seperti ini, dan buat harian juga loh," jelas Ariz.

Karena suka digunakan untuk berkemah, maka dipasanglah rooftop tent di bagian belakang mobil dengan menggunakan rangka tambahan. Kemudian tenda dibuat menghadap ke belakang mobil agar tampilannya menjadi lebih pas dan tidak melebar.

"Pemasangan rooftop tent ini saya sengaja bikin di bagian belakang. Soalnya mobil sudah tinggi, kalau dipasang di atap, jadinya terlalu tinggi gitu. Kebetulan ada teman yang bisa bikin desain rangkanya dan akhirnya saya buat," lanjutnya.

Sementara untuk modifikasi di bagian eksterior, Suzuki Jimny Siera ini telah mengadopsi beberapa komponen dari Jimny Samurai. Seperti wajah depan, bumper depan, sampai ke over fender.

Lalu untuk peleknya menggunakan merek Daytona yang disebutnya banyak diandalkan untuk offroad. Pelek tersebut dibalut dengan ban garuk tanah dari Kanati berukuran 235/65 ring 16 inci.

"Nah yang menarik itu ada di bagian kaca depan, karena ini Jimny Siera original jadi kaca depannya itu bisa dilipat. Jadi tinggal lepas atapnya, kaca depan itu bisa dilipat jadi depannya kebuka," pungkas Ariz.

Soal mesin, Ariz menyebutkan telah mendapatkan ubahan yang cukup signifikan dari standarnya hanya 1.000 cc, menjadi 1.300 cc menggunakan mesin Jimny Samurai.

"Mesin dia kan aslinya 1.000 cc, ini saya pasangkan yang 1.300 cc punya Samurai. Di-swap tapi masih sama-sama Suzuki jadi enggak masalah, supaya bisa kuat ngangkut tenda dan kaki-kaki yang lebih besar. Rem pakai booster juga jadi lebih pakem. Sama pakai ekstra fan dari Suzuki Karimun agar tidak overheat," jelasnya.

alt-img

Di bagian interior juga enggak kalah menarik, Suzuki Jimny Siera ini dibekali satu set jok Recaro LX jaring dan dasboard dari Jimny Samurai. Menariknya semua original dan memiliki part number loh.

"Buat ngebangun ini kalau bicara waktu sebenarnya agak sulit, karena kan enggak sekaligus ya. Tapi ini saya pegang dari tahun 2018, dan di 2023 ini jadi seperti ini. Biayanya juga relatif ya, kalau dihitung sih dapati 1 mobil LCGC mungkin, jadi masih di bawah Rp200 jutaan," papar Ariz.

Ariz sendiri mengaku sudah berada di tahap maksimal dalam memodifikasi Suzuki Jimny Siera kesayangannya yang  bernama Rani. Namun Ariz masih berkeinginan mengganti transmisinya menjadi otomatis agar lebih mudah digunakan.

Bagaimana menurut kalian? Menarik kan modifikasi Jimny Siera yang satu ini?

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini