home ×
Auto

Kenapa Rem Mendadak Pakem Saat Hujan dan Menerjang Banjir?

22 September 2020 By
Kenapa Rem Mendadak Pakem Saat Hujan dan Menerjang Banjir?
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Kalau pernah ngelamin, saat hujan dan terkadang ban harus menerjang genangan apalagi banjir, tiba-tiba rem terasa lebih pakem dari biasanya.

Kalau kebetulan lagi tidak waspada, bisa bikin kaget dan ujung-ujungnya berpotensi menyebabkan kecelakaan beruntun karena kendaraan berhenti mendadak.

Sebenernya kenapa ya rem mendadak pakem ketika berkendara saat hujan, apalagi sehabis menerjang banjir?

BACA JUGA: Suzuki Luncurkan Mobil Baru Oktober, Karimun Wagon R Facelift?

"Sebenernya itu hal yang normal, rem jadi pakem banget setelah melewati air. Karena kotoran yang bersarang di kanvas dan cakram menjadi lebih bersih," ujar Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi.

Selain itu, menurutnya, kondisi sistem rem yang lebih bersih, ditambah genangan air ngebuat suhu kanvas dan cakram lebih dingin, sehingga membuat daya geseknya jadi lebih bagus.

Jadi, feeleing kaki kita merasakan karakter dan respon rem yang berbeda dari biasanya. Nah, hal ini lah yang kadang membuat kondisi panik dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Selain rem lebih mengigit, kondisi piranti rem basah juga gak baik, karena berpotensi menyebabkan karat kalau dibiarkan begitu saja.

Air hujan yang asam, cepat sekali membuat karat. Kalau sudah parah, bahkan bisa ngebuat rem macet, karena kanvas remnya basah terkena air banjir dan bisa jadi lengket antara kanvas dan disk.

"Sarannya setelah melewati banjir, gunakan rem pelan-pelan secara berulang sampai kering atau terasa kembali normal, dan segera bersihkan ketika sudah sampai di rumah,” tutupnya.

VIDEO HFCI: Cerita Setelah Dua Tahun Punya Honda Forza 250

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article