icon-category Auto

Kencan Singkat dengan KTM 250 Adventure: Handling Ringan, Tenaga Besar

  • 20 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    KTM 250 Adventure (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Kami memang sudah lama penasaran, seperti apa sih sensasi berkendara dengan KTM 250 Adventure?

    Apalagi brand asal Austria ini - sekali lagi ditekenin ya gaes, motor ini berasal dari Austria karena beberapa media masih menulis KTM asalnya dari Australia - sudah dirakit atau completely knock down (CKD) di Gresik, Jawa Timur, sejak tahun 2020.

    Oya, kamu harus bedakan juga dengan perusahaan motor otomotif Indonesia APP KTM, Asia Putra Perkasa (APP)-Kingtown Tian Ma (KTM) yang pernah bikin motor bebek KTM yang bintang iklannya Inul Daratista.

    KTM Antasari, salah satu diler KTM di Jakarta, pun mempersilahkan kami untuk melakukan test ride KTM 250 Adventure pada Jumat (17/6/2022) sore dengan lalu lintas di kawasan Jalan Antasari dan Kemang sudah cukup padat.

    Karena kami pinjam untuk hari itu saja, maka kami cuma bisa test ride KTM 250 Adveture ini tipis-tipis saja di jalanan mulus beraspal.

    BACA JUGA: Royal Enfield Hunter 350 Punya Style Modern, Meluncur Agustus?

    KTM 250 Adventure (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Fitur KTM 250 Adventure

    Karena punya citra brand Eropa, sebagian orang mungkin menyangka motor ini dijual di angka Rp100 jutaan.

    Namun, faktanya, motor yang dirakit di Gresik ini sekarang dijual Rp79 juta (on the road Jakarta).

    Dengan harga segitu, tentu saja jangan berharap motor ini punya banyak fitur.

    Untuk mengatur bukaan katup kupu-kupu di throttle body masih pakai sling atau tali gas, jadi bukan Throttle By Wire (TBW). Kemudian, tidak ada fitur quick shifter, namun sudah ada slipper clutch.

    Sedangkan pada KTM 390 Adventure, yang saat ini dijual Rp119 juta (on the road Jakarta) terdapat throttle by wire dan sensor.

    ABS pada KTM 250 Adventure sudah ada setelan road dan off road. Namun, di 390 Adventure lebih lengkap dengan adanya setelan road, off road dan cornering ABS serta terdapat juga traction control.

    Untuk pengaturan fitur terdapat tombol di layar TFT. Berbeda dengan KTM 390 Adventure, tombolnya berada di switch handle sebelah kiri.

    KTM 250 Adventure dan KTM 390 Adventure sendiri punya banyak kesamaan, di antaranya sasis, bodi, ketinggian jok, jarak sumbu roda. Jadi memang plek ketiplek. Yang membedakan fitur dan mesin saja.

    Posisi riding

    Caption

    Saya punya tinggi badan 167 cm, ketika duduk di jok KTM 250 Adventure ujung kaki harus jinjit. Motor ini punya ketinggian 855 mm.

    Saya pun merasa ngeri-ngeri sedap nih, bagiamana jika nanti saat riding ke jalanan macet kalau sering jinjit.

    Ternyata ada triknya gaes. Ketika dalam keadaan diam, posisi rider geser saja ke kiri atau ke kanan agar kaki bisa mendapat pijakan lebih nyaman.

    Spesifikasi KTM 250 Adventure

    Di atas kertas, motor petualang ini punya mesin 248,8 cc 1-silinder berpendingin cairan, yang dipasangkan transmisi manual 6-percepatan.

    Mesin tersebut punya tenaga 22 kW (29,5 hp) dan torsi 24 Nm. Bandingkan dengan versi 390 Adventure punya power 32 kW (42,9 hp) dan torsi 37 Nm.

    Namun, keduanya sama-sama menggunakan Bosch EMS (Engine Management System) untuk control engine management.

    Ketika test ride tipis-tipis di kawasan Jalan Antasari dan Kemang Raya, 250 Adventure kok rasanya enteng banget ya. Baik itu saat ngegas maupun ketika berbelok.

    Begitu juga dengan tuas koplingnya benar-benar empuk kayak bakpau. Sudah kebayang untuk touring jauh gak cepat pegel.

    Untuk getaran mesinnya juga terasa halus. Oya, ketika riding kami menggunakan sarung tangan sehingga lebih maksimal dalam meredam getaran.

    Namun demikian, kami merasa mesin KTM 250 Adventure terasa agak panas setelah 15 menit penggunaan.

    Handling KTM 250 Adventure

    Menurut kami, KTM 250 Adventure merupakan motor yang memiliki handling yang mantap. Ketika sudah berjalan, motor ini ringan dan mudah dikendalikan. Koplingnya juga empuk banget.

    Bagi bikers perempuan yang ingin memiliki motor adventure dengan cc kecil, motor ini bisa dimasukkan dalam list.

    Di jalanan yang padat kendaraan mobil hingga macet, 250 Adventure terasa enak untuk diajak sat set sat set atau zig zag dalam membelah kemacetan. Terasa membawa motor bebek berkopling.

    Sistem pengereman pada 250 Adventure juga sudah dual ABS, sehingga ketika menghentikan motor ini terasa sangat oke.

    BACA JUGA: Mobil Listrik K-Upgrade Resmi Dijual di Indonesia, Cuma Rp75 Juta

    Performa KTM 250 Adventure

    Untuk performa, tenaga 29,5 hp dan torsi 24 Nm serta kompresi mesin 1:12,5 pada KTM 250 Adventure kami rasa cukup bagus.

    Kami merasa motor ini enak di putaran bawah, yakni di gigi 1 dan 2 karena punya napas panjang. 

    Ketika start dengan mengandalkan gigi 2 pun masih punya tenaga yang melimpah. Begitu juga ketika menghadapi jalanan aspal yang menanjak, menggunakan gigi 2 masih terasa smooth.

    Kesimpulan

    KTM 250 Adventure (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Bagi kamu yang ingin punya motor adventure dari brand Eropa serta harganya terjangkau bisa memilih KTM 250 Adventure.

    Motor ini punya handling yang ringan dan tenaganya pun tergolong besar di kelasnya. Padahal KTM 250 Adventure memakai mesin 1-silinder.

    Selanjutnya, bagi riders perempuan yang ingin memiliki motor adventure dengan cc kecil, motor ini recommended banget.

    Ketika berpetualang menggunakan motor ini ke daerah terpencil, kamu gak perlu khawatir ponsel kehabisan baterai karena tersedia fitur Socket Power Lighter 12 V. 

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini