home ×
Digilife

Keren! Font Film Netflix ‘Space Sweepers’ Ternyata Buatan Orang Indonesia

14 February 2021 By
Keren! Font Film Netflix ‘Space Sweepers’ Ternyata Buatan Orang Indonesia
Share
Share
Share
Share

(Foto: dok. Netflix)

Uzone.id – Siapa yang sudah menonton film Space Sweepers? Film bergenre sci-fiction asal Korea Selatan ini mendulang kesuksesan sejak awal perilisannya, dan masih jadi topik perbincangan hangat sampai sekarang.

Siapa sangka, di balik keberhasilannya, ternyata ada hasil karya anak bangsa yang ikut menjadi bagian dari materi promosi film. Ya! Hal itu adalah font yang dipakai untuk penulisan judul pada poster versi global dari film Space Sweepers.

Hal ini pertama kali dibagikan oleh pembuat font itu sendiri melalui akun facebook miliknya CkDesign. Ia membagikan unggahan melalui sebuah forum dengan nama BELFONT (Belajar Bikin Font) yang diperuntukan bagi para desainer grafis di Indonesia.

Baca juga: Netizen Malaysia Iri dengan Akun Netflix Indonesia, Ada Apa?

Dalam unggahannya, pembuat font mengunggah tangkapan layar email yang didapat dari pihak Netflix pada tanggal 7 Januari 2021. Isinya berupa notifikasi pembayaran yang dilakukan Netflix atas pembelian lisensi font hasil karyanya.

Berdasarkan keterangan yang ditulis dalam unggahan dan detail deskripsi dari font yang dibuat, dijelaskan kalau font tersebut awalnya direkomendasikan untuk kebutuhan promosi otomotif atau racing game.

“Akhirnya sudah tembus di Netflix. Meskipun bukan film racing2an. Semoga temen2 ketularan nih,” ungkap pembuat font tersebut.

Foto: Facebook CkDesign

Pembuat font tersebut ialah Irwan Cahya Kusuma (30), yang menggunakan inisial namanya untuk nama bisnis desain yang dia geluti CkDesign, dan berasal dari Banyuwangi.

Kepada Uzone.id, Irwan bercerita kalau pembuatan font dikerjakan dalam waktu sekitar 2-3 minggu.
Sebelum mendapatkan email notifikasi pembayaran, Irwan terlebih dulu mendapat email dari pihak agensi yang ingin melakukan pembelian, namun terkendala website miliknya yang sedang dalam masa maintenance.

Irwan mengaku mendapat email pertama sejak bulan Desember, namun baru mengetahuinya di bulan Januari dan langsung diarahkan untuk melakukan pembayaran via paypal.
Selang beberapa jam kemudian, Irwan langsung menerima email konfirmasi pembayaran yang dia bagikan dalam forum.

Irwan juga mengatakan tidak menyangka font buatannya bakal dipakai untuk materi promosi film Space Sweepers yang saat ini sedang meroket.

Pasalnya, sempat ada beberapa pihak yang ingin membeli lisensi extended dari font tersebut seharga Rp2 Juta, namun berkali-kali batal. Tapi kali ini font dengan nama 'Swipe Race' tersebut berhasil terjual dengan nominal dua digit.

Melihat pencapaian ini, banyak anggota grup yang memberikan respons positif dan ucapan selamat atas hasil karyanya yang berhasil menembus produksi Netflix.

Space Sweepers sendiri merupakan film yang mengambil latar tentang kehidupan luar angkasa di tahun 2092. Film ini menceritakan sekelompok orang yang mencari uang dengan mengumpulkan puing-puing pesawat luar angkasa, namun siapa sangka kalau pencarian tersebut menuntun mereka ke senjata pemusnah massal berbentuk manusia.

Film ini dibintangi deretan aktor ternama Korea Selatan seperti Song Joong-ki, Kim Tae-ri, dan Jin Sun-kyu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article