icon-category Technology

Kesan Pertama Mencoba ZenBook S UX319UA, Laptop Baru Asus yang Super Tipis

  • 23 Oct 2018 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Laptop super tipis dari Asus, ZenBook S UX319UA baru saja dirilis di Indonesia. Selain tipis, laptop ini juga nggak jumbo, alias tetap minimalis.

    Usai acara peluncuran, Uzone berkesempatan untuk mengambil beberapa foto sekaligus menjajal singkat ZenBook S UX319UA.

    Saat pertama kali melihatnya, memang sudah terpampang jelas kalau laptop satu ini memang super tipis. Secara merinci, ketipisannya hanya 12,9mm dengan bobot 1 kilogram.

    Baca juga: Asus Rilis Laptop Super Tipis Harga Rp20 Jutaan

    Benar saja, saat memegang laptop ini, selain bodinya yang mulus, ketipisannya juga nyata. Sempat merasa agak ringkih, namun ketika diangkat, tetap terasa firm alias kuat. Jika diangkat dengan satu tangan, tentu masih terasa ringan.

    Beralih ke layar. Meski bodinya tidak besar, layarnya masih terasa luas berkat bezelnya yang tipis, atau sekitar 5,9mm ketipisannya. Ukuran layarnya 13,3 inci dengan 85 persen screen-to-body ratio dan resolusi Full HD (1920x1080).

    Warna gambar yang terpancarkan dari layar juga begitu tajam. Dengan layar yang nggak ‘sempit’ dan warna serba cerah, paling tidak bisa membuat produktivitas terasa nyaman meskipun rasa menggunakan laptop ini tak berbeda jauh dari notebook ukuran kecil.

    Dari penjelasan Asus Indonesia PC PM Lead, Frank Wang, laptop ini menggunakan desain ErgoLift, artinya pengguna dapat membuka layar selebar 145 derajat, serta membuat audio Harman Kardon bekerja lebih prima.

    Sayangnya untuk kesan pertama ini, gue nggak bisa melihat seberapa besar pengaruh desain ErgoLift terhadap audionya. Namun yang tampak kasat mata adalah, desain pada bagian layar bawah seakan menjadi penyangga permukaan.

    Sekilas, desain ini tampak ‘janggal’, namun jika secara fungsi dapat membuat kinerja audio dan sirkulasi udara menjadi lebih baik, seharusnya sih baik-baik saja.

    Soal papan ketik, pengalaman saat mengetik nyaman dan standar keyboard pada umumnya saja. Di bagian touchpad, ada satu kotak kecil yang telah disematkan sensor sidik jari untuk membuka laptop.

    Kecepatan membuka laptop cukup cepat dan permukaan sensornya datar, bukan yang didesain seperti tombol yang dapat ditekan gitu.

    Dari tampangnya, ZenBook S UX319UA warna gelap ini sebetulnya cocok untuk anak kuliahan, first jobber, dan anak-anak muda karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan mudah dibawa-bawa.

    Namun ternyata dengan harga Rp26,299 juta, laptop ini ditargetkan untuk para pengusaha, pebisnis, dan pekerja dengan penghasilan mapan.

    Tapi kalau kamu anak muda yang sudah sanggup membeli laptop ini, nggak ada salahnya juga. Yang jelas, laptop ini sudah dibekali kemampuan military grade yang tahan banting.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini