Keyboard ‘Ajaib’ iPad Pro Bikin Baterai Boncos? - Uzone
home ×
Gadget

Keyboard ‘Ajaib’ iPad Pro Bikin Baterai Boncos?

16 May 2020 By
Keyboard ‘Ajaib’ iPad Pro Bikin Baterai Boncos?
Share
Share
Share

(Foto: dok. Apple)

Uzone.id -- Baru berselang dua bulan setelah Apple meluncurkan iPad Pro 2020 beserta Magic Keyboard yang memiliki trackpad, kini sudah ada beberapa keluhan mengenai penggunaannya yang diklaim menguras baterai.

Sejak Magic Keyboard dirilis, aksesori ini dirayakan oleh kebanyakan pengguna setia Apple berkat fungsi dan desain yang futuristik karena dapat membuat iPad Pro 2020 seperti ‘melayang’ karena daya magnetik di bagian belakangnya, serta pertama kalinya memiliki trackpad.

Namun, beberapa pengguna iPad Pro di Amerika Serikat mengeluhkan masalah ketahanan baterai yang disebabkan oleh aksesori ini.

Mengutip 9to5Mac, pengguna iPad Pro menyadari kalau baterai iPad mereka terkuras secara drastis ketika menggunakan Magic Keyboard dengan fungsi backlight diaktifkan. Tak cuma itu, bahkan ada juga laporan keluhan yang mengatakan kalau masalah baterai ‘boncos’ ini terjadi ketika iPad sedang tidak digunakan.

Baca juga: iPhone Jadi Penyelamat Konten Hollywood, Apple Kegirangan

Ada juga pengguna yang mengatakan fungsi backlight dari Magic Keyboard tetap menyala ketika iPad sedang tidak digunakan dan dalam kondisi sleep.

Bagi yang belum tahu, Magic Keyboard Apple tidak memiliki baterai terpisah dan menggunakan Smart Connector untuk mendapatkan daya dari baterai iPad Pro yang terhubung.

Sejauh ini, Apple belum merilis statistik resmi mengenai ketahanan baterai dari Magic Keyboard yang dapat memengaruhi kondisi baterai dari iPad Pro sendiri.

Ada beberapa masukan yang mengatakan kalau seharusnya keyboard, trackpad, dan fungsi backlight tidak mengonsumsi daya besar. Jika ada efek yang memengaruhi baterai, banyak yang meyakini harusnya didominasi oleh layar Retina ProMotion pada iPad, chipset A12Z, dan fungsi radio internal.

Baca juga: 5 Spesifikasi dan Fitur Menarik iPad Pro 2020

Situs iPad Insight kemudian membagikan masalah ini di blog mereka dan sukses menggantikan Magic Keyboard yang bermasalah menggunakan garansi.

“Selama uji coba yang saya lakukan, baterai iPad Pro saya turun 25 persen saat dipakai dua jam menulis. Sebagai perbandingan, ketika saya pakai iPad Pro tanpa Magic Keyboard, baterainya berkurang 45 persen selama 5 jam pemakaian untuk menonton video streaming dengan audio yang berasal dari speaker iPad. Pengurasan baterai ini sesuai dengan masa pemakaian iPad Pro secara keseluruhan yang diklaim sampai 10 jam. Tapi jika membandingkan kehilangan seperempat dari kapasitas baterai hanya untuk mengetik tanpa backlight dalam dua jam, sangat tidak masuk akal,” tulis iPad Insight.

Setelah mereka menukarkan Magic Keyboard yang baru menggunakan garansi, iPad Insight mengklaim baterai iPad Pro mereka hanya berkurang 14 persen selama 1 jam 15 menit dengan fungsi backlight yang diaktifkan seterang 25 persen.

Untuk saat ini mungkin cara paling praktis jika Magic Keyboard terbukti bikin baterai iPad Pro boncos, tinggal tukarkan ke ritel resmi Apple untuk diganti menggunakan garansi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 03:13:30

padahal laptopnya itu udah lumayan oke

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article