Digilife

Khaby Lame: Di PHK dari Pabrik hingga Jadi Raja TikTok Penghasilan Milyaran

  • 23 September 2021
  • Bagikan :

    Khaby Lame (Foto: Instagram @khaby00)

    Uzone.id - Pengguna media sosial seakan tak bisa terhindar dari wajah Khaby Lame yang selalu muncul di berbagai platform macam TikTok, Reels hingga Short. Yup, dia memang dijuluki Raja TikTok yang kini memiliki 113 juta follower itu (per 23 September 2021).

    Khaby Lame, pria berdarah Senegal dan sekarang tinggal di Italia, ternyata pernah mengalami hidup yang pahit sebelum menjadi milyuner setelah menyandang superstar media sosial.

    Dia pertama kali memulai aplikasi media sosial pada Maret 2020. Saat itu dia bekerja di sebuah pabrik di Chivasso, Italia, sebuah kota kecil yang terletak di distrik Turn.

    BACA JUGA: Review Tecno Spark 7 NFC: Ponsel Murah Pakai Fitur Kelas Mid-Range

    Kemudian, tanpa peringatan, dia dipecat, memaksanya untuk kembali ke “rumah sederhana” milik keluarganya, seperti dilansir UzoneID dari afrotech.com.

    The New York Times melaporkan, Khaby Lame memilih untuk mengalihkan perhatiannya ke TikTok secara penuh waktu daripada mendapatkan apa yang disebut "pekerjaan nyata". Ternyata, itu adalah keputusan terbaik yang pernah dia buat.

    “Wajah saya dan ekspresi saya yang membuat orang tertawa,” katanya kepada NYT, sambil menambahkan bahwa ekspresinya yang diredam adalah “bahasa universal.”

    Khabe Lamy telah meraup 113 juta follower TikTok dan satu situs melaporkan bahwa seseorang seperti dia dapat mengenakan biaya mulai dari USD1 juta hingga USD2 juta (Rp14,2 milyar hingga Rp28 milyar) per posting berkat pengikutnya yang dedicated dan engaged.

    BACA JUGA: 9 Fakta Khaby Lame, Si Raja TikTok dengan Tarif Rp2 M per Posting

    “Perusahaan diketahui membayar USD200 hingga USD20.000 (Rp2,8 juta hingga Rp285 juta) per video iklan yang dipromosikan oleh influencer, tergantung pada tingkat pengaruh individu,” kata Influencer Marketing Hub, perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pengadaan sponsor media sosial.

    Namun, selain TikTok berikulit hitam seperti Lame, ada beberapa "influencer" berkulit putih. Dari sepuluh influencer selebritas teratas di media sosial, hanya dua di antaranya Dwayne “The Rock” Johnson dan Beyonce yang berkulit hitam.

    Dan dari lima influencer non-selebriti teratas di media sosial, tidak satu pun dari mereka yang berkulit hitam.

    Meskipun kita patut memberikan apresiasi kepada Khaby Lame atas prestasinya itu, kita juga harus tetap waspada terhadap kesenjangan upah antara influencer kulit hitam dan putih, terutama pada aplikasi populer seperti TikTok.