home ×
Digilife

Kiat Memanfaatkan TikTok untuk Membangun Bisnis Baru

10 August 2020 By
Kiat Memanfaatkan TikTok untuk Membangun Bisnis Baru
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Pandemi yang terjadi sejak beberapa bulan lalu memang mengubah tatanan hidup banyak orang, termasuk dari segi pekerjaan.

Banyak yang akhirnya banting setir untuk membuka bisnis kecil dan memanfaatkan bakat lainnya untuk menjadi sumber pemasukan baru.

Di TikTok, ada beragam konten yang dapat dimanfaatkan untuk belajar cara membangun ataupun mengembangkan bisnis. Apa saja?

Belajar dari pengalaman para pebisnis lain

Banyak orang kreatif yang dapat ditemukan di TikTok, tidak terkecuali mereka yang memanfaatkan kreativitas dan pengetahuannya untuk mengubahnya menjadi suatu bisnis baru.

Ada Bitna Handcraft yang gemar membuat pernak-pernik dan akhirnya menjual karya buatannya di e-commerce, ada Goldenbees yang belajar soal madu sampai berani berjualan, atau ada Haidhar Wurjanto yang memulai bisnis jualan es teh bersama teman-temannya dan sekarang sukses besar.

Baca juga: Tak Hanya Microsoft, Twitter Juga Tertarik dengan TikTok

Melalui akun TikToknya, mereka berbagi cerita bagaimana cara membangun bisnisnya, mulai dari menentukan packaging, cara memasarkan produknya, berapa modal awal mereka, hingga cerita jatuh bangunnya mereka yang pasti bisa menginspirasi calon pebisnis lainnya.

Serap dan terapkan tips dari para ahli ini

Bagaimana cara menentukan harga? Bagaimana cara menentukan keyword di search engine supaya produk kalian mudah ditemukan di internet? Bagaimana cara membuat video atau foto produk yang keren?

Nah pertanyaan-pertanyaan ini bisa terjawab dengan mengikuti beberapa akun ini, seperti Christina Lie seorang pebisnis online yang berbagi banyak tips termasuk cara menghadapi pelanggan dan rahasia menentukan harga.

Ada pula William Sudjana yang mengajarkan bikin konten sosmed hingga video produk hanya dengan menggunakan ponsel dan perangkat sederhana.

Lalu, Zaki yang membagi tips seputar cara pembuatan logo dan penentuan keyword, atau Abigail Michelle yang bisa memanfaatkan produk yang ada di rumah sebagai properti foto produk.

Baca juga: Bill Gates Setuju Tidak Microsoft Beli TikTok?

Rekrut tim yang solid dan kreatif

Kalau bisnisnya sudah semakin berkembang dan kalian membutuhkan bantuan pegawai, TikTok juga bisa dimanfaatkan sebagai cara merekrut orang baru, yang tentunya kreatif.

Seperti yang dilakukan perusahaan Smartfren, dimana baru-baru ini mereka mengadakan challenge #ProveWhoYouAreFromHome sebagai salah satu persyaratan rekrutmen pegawai barunya. Kreatif banget!

Promosi di TikTok

Sebar informasi ke pengguna lainnya di TikTok tentang bisnis kalian, dengan berbagai cara.

Bisa seperti Bittersweet by Najla yang gemar mengikuti trending challenge di TikTok supaya mendapat banyak views, atau bisa juga memanfaatkan fitur TikTok for Business dimana kalian bisa beriklan di TikTok dengan cara yang fleksibel dan efisien.

Untuk tahu berbagai tips berguna tentang bisnis lainnya, inilah beberapa tagar yang bisa kalian kunjungi, antara lain #samasamabelajar, #bisniskecilku, #berbagiilmu, dan #berbagiskill. Selamat belajar bisnis!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 10 August 2020 | 21:10:07

Cara dapat uang dari tiktok gimana

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article