icon-category Gadget

Komparasi Realme 10 vs Poco M5: Prosesor Sama, Lebih Bagus Mana?

Uzone.id - Dua brand asal China ini memang senangnya ‘berkonflik’ kali ya? Selalu deh meluncurkan smartphone baru yang tanggal rilisnya berdekatan. Ya, siapa lagi kalau bukan Poco dan Realme, yang baru saja memasarkan Poco M5 dan Realme 10 di Indonesia.

Kedua smartphone ini lahir beda sehari doang di Indonesia, Poco M5 diperkenalkan 8 November dan Realme 10 sehari setelahnya. 

Bukan cuma waktu peluncuran yang berdekatan saja, keduanya juga mengandalkan spesifikasi yang mirip. Smartphone harga murah ini ditenagai oleh MediaTek Helio G99, prosesor kelas menengah yang ‘katanya’ punya kemampuan gaming yang cukup bisa diandalkan.

Pertanyaannya, lebih bagus mana sih antara Poco M5 dengan Realme 10? Pertanyaan tersebut mungkin saja diucapkan oleh beberapa dari kalian yang mungkin mengincar salah satu dari keduanya.

Biar kalian gak bingung, berikut komparasi atau perbandingan antara Poco M5 dan Realme 10. Simak baik-baik ya, Uzoners!

Desain

Poco M5 dan Realme 10 membawa konsep desain yang berbeda. Andalan Poco di segmen smartphone Rp2 jutaan itu lebih mengedepankan desain yang agak gahar, sementara Realme mengusung gaya yang lebih elegan dan cantik.

Baca juga: FOTO: Menilik Bodi Smartphone Rp2 Jutaan, Poco M5

Poco M5 ya dibuat dengan desain khas Poco, dimana modul kameranya besar dengan logo ‘POCO’ segede gaban. Namun yang menarik, bodinya yang terbuat dari material polikarbonat dibuat dengan tekstur ala kulit sintetis yang biasa diaplikasikan oleh smartphone kelas flagship.

Tekstur ini membuatnya nyaman digenggam, anti sidik jari, apalagi dipadukan dengan warna yang berbeda dari lainnya. Meski warnanya tak ada efek gradasi apalagi pantulan cahaya, namun dengan penerapan tone warna yang unik, tetap bikin Poco M5 tampil bergaya.

Sementara Realme 10, desainnya lebih elegan dan terlihat premium. Bodinya sama-sama terbuat dari material polikarbonat, tapi dirancang agar terlihat seperti bodi kaca di ponsel kelas premium.

Baca juga: FOTO: Lebih Dekat dengan Realme 10, Tergoda?

Warnanya punya efek gradasi dan refleksi cahaya, apalagi ada partikel-partikel kecil yang membuatnya tampil lebih indah. Modul kameranya diciptakan agar menyatu dengan bodi, gak terlihat dominan seperti pada Poco M5.

Soal pemakaian, Realme 10 lebih nyaman ketimbang Poco M5. Alasannya satu, smartphone ini lebih ramping dan ringan dari Poco M5. Realme 10 hanya sebesar 178 gram dengan ketebalan 8 mm, sementara Poco M5 setebal 8,9 mm dan berat mencapai 201 gram.

Layar

Dari layar, Realme 10 unggul lagi nih. Panelnya berjenis Super AMOLED dengan ukuran 6,4 inci dan beresolusi Full HD+. Layarnya pun mendukung refresh rate 90Hz, lengkap dengan rasio kontras 4.000.000:1 dan intensitas cahaya mencapai 1.000 nits.

Sementara Poco M5, menampilkan layar IPS LCD berukuran 6,58 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz.

Desain layarnya pun lebih kekinian Realme 10, lantaran menganut konsep punch hole atau lubang kamera di sudut kiri atas layarnya. Beda hal dengan M5 dari Poco, masih mengusung notch atau poni yang terlihat ketinggalan zaman.

Spesifikasi dan Benchmark

Prosesor boleh sama, tapi kapasitas RAM-nya beda. Poco M5 cuma dibekali dengan RAM 4 GB yang dipasangkan dengan penyimpanan 64 GB atau 128 GB. 

Kalau Realme 10, RAM minimalnya 4 GB dan varian tertinggi mencapai 8 GB. Adapun buat penyimpanan internalnya mentok di 128 GB saja.

Keduanya sama-sama dibekali fitur RAM Expansion, tapi besarannya beda jauh nih. RAM Poco M5 hanya bisa ditambah maksimal 2 GB saja, tapi kalau Realme 10 bisa di-upgrade hingga 8 GB, sehingga total RAM-nya bisa mencapai 16 GB.

Tim Uzone.id pun telah melakukan tes benchmark menggunakan AnTuTu Benchmark untuk mengetahui performa keduanya secara angka. Untuk Realme 10, pengujian dilakukan dengan mengaktifkan mode High Performance, sementara Poco M5 dengan memasukkan AnTuTu Benchmark ke Game Turbo.

Baca juga: Tes Benchmark Realme 10 yang Ditenagai MediaTek Helio G99

Kedua smartphone yang diuji merupakan versi tertinggi (Poco M5 4/128 GB dan Realme 10 8/128 GB) dengan fitur RAM Expansion diaktifkan. Hasilnya, perbedaan skor begitu terlihat dengan selisih yang lumayan jauh.

Skor AnTuTu Realme 10
Skor AnTuTu Poco M5

Poco M5 mencatatkan nilai terbaik 332 ribuan poin, sementara Realme 10 mendapatkan skor 385 ribuan poin. Kendati begitu, skor keduanya sebenarnya masih terbilang tinggi untuk sebuah smartphone kelas menengah di harga Rp2 hingga 3 jutaan.

Fitur dan Baterai

Baik Realme 10 dan Poco M5 sama-sama ditopang oleh baterai 5.000 mAh yang bisa tahan berjam-jam lamanya. Namun, kedua smartphone ini mengusung teknologi fast charging yang berbeda. 

Baterai Poco M5 hanya bisa diisi dengan daya maksimal 18W, sementara Realme 10 ditunjang oleh teknologi fast charging 33W. Realme mengklaim, mengisi baterai 50 persen bisa diselesaikan dalam waktu 28 menit saja.

Soal fitur, keduanya sama-sama berjalan di sistem operasi berbasis Android 12. Dan tentu saja, baik Poco dan Realme akan memprioritaskan produk terbarunya untuk selalu mendapatkan update OS rutin, entah untuk penambalan celah keamanan atau menambah fitur-fitur yang lebih bermanfaat.

Poco M5 punya fitur dasar yang tidak dimiliki oleh Realme 10, yakni NFC. Fitur ini memegang peranan penting banget sih di zaman yang serba cashless seperti sekarang. Cek atau topup saldo e-money gak perlu ke minimarket lagi, tinggal tap saja di belakang ponsel.

Baca juga: Poco M5 dan POCO M5s Resmi Meluncur, Harganya Mulai Rp2 jutaan

Kamera

Di sektor kamera, Poco M5 unggul dalam jumlah kamera dari Realme 10, itupun kalau kalian memang mementingkan banyak-banyakan kamera. Sebenarnya kamera utama dari keduanya sama-sama 50 MP yang menawarkan hasil foto maupun video yang berkualitas tinggi.

Kamera utama Poco M5 dipasangkan dengan kamera 2 MP depth dan makro, kemudian kamera selfie 5 MP. Sedangkan Realme 10, memasangkan kamera 50 MP dengan kamera depth 2 MP dan selfie 16 MP.

Baik Poco dan Realme, sama-sama membekali produk terbarunya dengan beragam fitur berbasis AI atau artificial intelligence, seperti misalnya penyesuaian kamera secara otomatis tergantung skenario foto maupun video yang diambil pengguna.

Kesimpulan

Dengan harga lebih mahal Rp500 ribu dari Poco M5 (untuk varian tertinggi), Realme 10 sebenarnya unggul di banyak sektor, baik itu desain, layar, baterai, bahkan fitur untuk menambah kinerja spesifikasi utamanya.

Namun Realme 10 punya ‘lubang besar’ alias kekurangan yang seharusnya bisa diantisipasi oleh Realme, yakni gak ada NFC. Poco M5 saja yang harganya Rp2,5 jutaan sudah membawa NFC sebagai salah satu fitur dasarnya.

Baca juga: Realme 10 Cuma Rp2 Jutaan, RAM Bisa Di-upgrade Sampai 16 GB

Ketersediaan NFC untuk saat ini sangatlah penting, walah fungsinya sebatas untuk mengecek atau menambah saldo e-money saja. Tapi fitur tersebut memang dibutuhkan oleh orang-orang di zaman serba cepat ini.

So, mendingan menambah Rp500 ribu untuk smartphone dengan spesifikasi lebih oke seperti Realme 10 atau memilih hemat saja dan menikmati ketersediaan fitur NFC? Sebenarnya itu tergantung kebutuhan kalian. Tapi buat kami, Poco M5 memang unggul soal ketersediaan fitur NFC ini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini