icon-category Auto

Kurang Laris, Hyundai Stop Penjualan Ioniq Electric

  • 08 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id

Uzone.id - Sepeerti kita tau, sebelum hadirnya Hyundai Ioniq 5, pabrikan Korea itu punya Ioniq Electric lebih dulu di Indonesia. Namun, seolah hanya ditumbalkan sebagai pembuka jalan, kini Ioniq Electric dipensiunkan.

Hyundai Indonesia secara resmi sudah menghentikan penjualan dari Ioniq Electric, setelah pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 lalu.

Dalam website resmi Hyundai Indonesia, Ioniq Electric tak lagi berada dalam jejeran produk mobil listrik yang dijual Hyundai.

BACA JUGA: Vespa GTS 300 Terbaru Bisa Didaur Ulang, Fiturnya Makin Canggih

Saat ini pabrikan asal Korea Selatan itu hanya memasarkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Kona Electric.

Pensiunnya Hyundai Ioniq Electric tidak hanya terjadi di Indonesia saja, tapi juga secara global yang sudah lebih dulu dihentikan pada Juli 2022 lalu.

Mobil ini diimpor utuh (CBU) dari Korea, sementara Hyundai sudah memproduksi lokal Ioniq 5, sehingga lebih praktis dan bisa menekan harga jualnya juga.

Secara penjualan, Ioniq Electric sebagai pembuka jalan memang tidak sebagus Ioniq 5. Jumlahnya jarang menyentuh angka seribu unit tiap tahunnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo), Hyundai Ioniq Electric pada saat tahun peluncurannya hanya terjual sebanyak 81 unit.

BACA JUGA: Kenapa Shell Tidak Jual Bensin Murah Sekelas Pertalite?

Kemudian, di tahun selanjutnya, yakni tahun 2021, merupakan tahun dengan penjualan terbanyak untuk Ioniq Electric, yakni sebanyak 228 unit.

Namun, sejak munculnya Ioniq 5, Hyundai Ioniq Electric pun meredup dan berada dibawah bayang-bayang saudaranya itu, dengan penjualan hanya 45 unit di tahun 2022 ini.

Sementara Hyundai Ioniq 5 berhasil menjadi salah satu penyumbang signifikan penjualan Hyundai di Indonesia dengan penjualan lebih dari 1.400 unit sepanjang tahun 2022 ini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini