icon-category Digilife

Lampaui Target Tahun Ini, 20 Juta Lebih UMKM Sudah Go Digital

  • 14 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: John Schnobrich/Unsplash

Uzone.id - Pemerintah Indonesia terus mendorong UMKM di Indonesia agar makin melek akan teknologi dan mulai merambah dunia digital untuk usaha-usaha mereka.

Apalagi saat ini UMKM menjadi penggerak ekonomi nasional dengan kontribusi pada PDB mencapai 61 persen. Dalam catatan terbaru Kementerian Koperasi dan UKM RI, total UMKM di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 65,1 persen UKM yang terus bertambah sebagai imbas dari adanya pandemi Covid-19.

Pertumbuhan UMKM ini juga memberikan peningkatan yang cukup positif bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang ikut bergabung di ruang digital. Apalagi sesuai pandemi, kebutuhan dalam menggunakan teknologi dan ruang digital semakin penting.

Baca juga: GoFood Antar UMKM Minuman Lokal Ini Terbang ke New York

Dalam acara peluncuran Indosat Digital Ecosystem, Kamis, (13/10), Asisten Deputi Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha, Deputi Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Christina Agustin mengatakan saat ini setidaknya sebanyak 20,24 juta UMKM sudah menggunakan platform digital.

“Target kita tahun ini adalah 20 juta (UMKM go digital) dan sudah melampaui target 20,24 juta dan ini adalah keberhasilan bersama bukan hanya kementerian saja namun kolaborasi semua pihak,” ungkapnya.

Melihat angka tersebut, Christina menyebutkan sebanyak 12,24 juta UMKM telah bertambah ke ekosistem digital sejak awal pandemi atau sekitar 31,1 persen dari total populasi UMKM saat ini.

Pencapaian ini sudah menyentuh persentase 67,4 persen dari target pemerintah yaitu sebanyak 30 juta UMKM go digital di tahun 2024 mendatang. Sementara itu, tahun depan pemerintah menargetkan angka 24 juta UMKM yang tergabung di ruang digital.

Baca juga: Indosat Ooredoo Hutchison Kembangkan Platform Digital Khusus Buat UMKM

Ekonomi digital Indonesia juga diproyeksikan mencapai angka Rp4.531 Triliun pada tahun 2030 dan menjadi potensi terbesar di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, kolaborasi antar pihak terus digalakkan baik itu pemerintah dan swasta untuk terus mendorong UMKM go digital sebagai tulang punggung Indonesia. 

Dalam kesempatan yang sama, Indosat Ooredoo Hutchison bersama dengan Google Cloud Indonesia meluncurkan sebuah platform digital bernama Indosat Digital Ecosystem sebagai wadah untuk pelaku UMKM berkembang dan menjadi lebih besar.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini