icon-category Auto

Lebih Bertenaga, Bikin Konsumsi Vespa GTS 150 Jadi Boros?

  • 05 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - PT Piaggio Indonesia belum lama ini meluncurkan Vespa GTS 150 terbaru yang mendapatkan peningkatan dari versi sebelumnya. Bahkan kini produk flagship di kelas 150 cc itu memiliki dua varian yakni Super Sport dan Classic.

Uzone.id mendapatkan kesempatan untuk mengulas skutik premium flagship ini untuk beberapa hari. Salah satu yang kita ulas dari Vespa GTS 150 ini adalah konsumsi bahan bakarnya.

Pada generasi terbarunya, Vespa GTS 150 ini mendapatkan peningkatan dari segi mesinnya. Untuk lebih detil, ubahan ada pada mapping ECU dan camshaft yang baru.

Sehingga mesin berkapasitas 150 cc, 1-silinder, 4-klep, 4-tak, berpendingin cairannya kini mampu menghasilkan tenaga 14,7 dk dan torsi 15 Nm.

Dengan konfigurasi mesin yang baru tersebut, bagaimana dengan konsumsi bahan bakar dari Vespa GTS 150?

alt-img

Dari hasil pengetesan sejauh 67,9 kilometer tercatat pada MID Vespa GTS 150, konsumsi bahan bakarnya mencapai 35,9 km/liter.

Pengetesan ini dilakukan menggunakan metode berkendara normal, tidak digunakan untuk memacu akselerasi ataupun irit-iritan. Ditambah pengetesan ini juga dilakukan menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 yang sudah sesuai dengan kebutuhan mesinnya.

Selama pengetesan, fitur idling stop system juga kami gunakan untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar di Vespa GTS 150 ini. Kondisi jalan saat pengetesan juga beragam, mulai dari jalan macet, hujan, jalan menanjak, hingga kondisi lancar.

Jika ditarik kesimpulan, konsumsi bahan bakar ini memang bukan yang terbaik di kelas 150 cc. Bahkan bisa terbilang boros, terutama jika dibandingkan dengan mesin-mesin pada motor Jepang.

Sebagai tambahan informasi, Vespa GTS 150 keluaran terbaru ini dijual di Indonesia sebesar Rp84,5 juta untuk on the road DKI Jakarta.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini