home ×
Digilife

Lebih Praktis, Begini Cara Pindahkan Data dari Facebook

23 April 2021 By
Lebih Praktis, Begini Cara Pindahkan Data dari Facebook
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi Facebook. (Foto: Nghia Nguyen / Unsplash)

Uzone.id – Facebook belum lama ini mengumumkan fitur baru yang dapat digunakan pengguna untuk mengekspor postingan atau notes (catatan) mereka ke sejumlah layanan pihak ketiga. Fitur baru ini diklaim lebih praktis digunakan.

Facebook sebelumnya memang sudah menghadirkan fitur untuk mengunduh seluruh informasi yang pengguna miliki, namun fitur baru ini dapat mengekspor atau memindahkan postingan serta notes ke layanan seperti Google Docs, Blog, atau WordPress.com.

Untuk melindungi data yang ada, Facebook akan meminta pengguna untuk memasukkan kembali password sebelum memindahkan data yang ada.

“Proses ini akan mengenkripsi data yang dipindahkan dari Facebook ke layanan tujuan kalian,” tulis Facebook dalam blog resmi perusahaan.

Baca juga: Akun Facebook Kena Mention Video Porno, Ini yang Harus Dilakukan

Langkah perilisan fitur baru ini merupakan bagian dari kolaborasi antara para pimpinan teknologi melalui Data Transfer Project. Kolaborasi ini akan memudahkan para penggunanya untuk memindahkan konten dari satu platform ke platform lainnya. Perusahaan yang bekerja sama untuk saat ini adalah Apple, Facebook Inc, Google, Microsoft, dan Twitter.

Untuk mencoba fitur ini, berikut langkahnya:

  1. Buka akun Facebook, lalu login
  2. Pergi ke menu ‘Akun’ atau 'Account' disamping tombol notifikasi > pilih ‘Pengaturan dan Privasi’ atau Settings & Privacy’ > pilih ‘Pengaturan’ (Settings) > pilih ‘Informasi Facebook anda’ (Your Facebook Information) > pilih ‘Transfer Salinan Informasi Anda’ (Transfer a Copy of Your Information).

Dari menu ‘Transfer Salinan Informasi Anda’, pengguna akan diminta untuk memasukkan password Facebook. Kemudian, pengguna dapat memilih data apa yang ingin dipindahkan.

Saat ini, Facebook telah menyediakan beberapa pilihan yaitu foto, video, postingan, atau notes. Keempat pilihan ini akan memiliki tujuan platform yang berbeda-beda.

Baca juga: Cara Facebook Saingi Clubhouse: Gandeng Spotify

Apabila memilih foto atau video, pengguna dapat menyimpan salinan dari data agar disimpan di Dropbox, Google Photos, BackBlaze B2, atau Koofr. Untuk data berbentuk tulisan, pengguna dapat menyimpannya di Google Docs atau Wordpress.com.

Facebook berencana akan terus mengembangkan jenis data yang dapat dipindahkan dan bekerja sama dengan lebih banyak platform lainnya di masa depan.

Perusahaan juga menyampaikan bahwa ekosistem yang telah mereka susun untuk melindungi data pengguna tidak akan berhasil tanpa regulasi khusus mengenai data seperti apa yang dapat dipindahkan dan siapa yang bertanggung jawab atas data tersebut setelah dipindahkan.

Masalah mengenai perlindungan data ini memang mengkhawatirkan banyak pengguna jika mengingat skandal data pengguna Facebook bocor pada 2019 silam. Selain data pengguna bocor, kejahatan dunia maya juga masih marak beroperasi di platform ini.

Jadi, pastikan data yang kalian bagikan aman terenkripsi agar tidak disalahgunakan oleh pihak lain, ya!

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article