icon-category Auto

Macam Influencer, Polisi Bakal Pakai Kamera di Badan untuk Menilang

  • 01 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Korlantas Polri

    Uzone.id - Larangan tilang manual gak lantas membuat polisi lalu lintas jadi gabut, karena mereka masih tetap melakukan penilangan bermodalkan kamera di badan. Macam influencer aja ya..

    Penggunaan kamera di badan polantas tersebut merupakan bagian dari sejumlah opsi tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

    BACA JUGA: Berharap Tampang Agya-Ayla Terbaru Kayak Gini

    Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada anggota polantas untuk tidak lagi melakukan tilang manual. Menurutnya, sistem ETLE sudah diterapkan sepenuhnya di 34 polda di Indonesia.

    Dengan begitu, menurut Sigit, saat ini sudah waktunya mengubah sistem tilang jadi memanfaatkan teknologi informasi.

    “Dan kemudian peran anggota di lapangan lebih kepada melakukan langkah-langkah yang sifatnya turun ke jalan membantu masyarakat, kalaupun ada pelanggaran diedukasi saja, diberikan arahan,” kata Sigit dalam keterangannya, dikutip Uzone.id dari website resmi Korlantas Polri.

    BACA JUGA: Spesifikasi Mesin Chery Tiggo 8 Pro

    Penerapan tilang elektronik juga diharapkan bakal meningkatkan citra polisi, karena dengan ETLE maka pungli selama penilangan bakal sulit dilakukan.

    “Dan nanti yang mobile juga kita akan lengkapi dengan kelengkapan seperti body worn (camera/kamera yang dipasang di badan petugas), kemudian mobil yang dilengkapi dengan hal-hal seperti itu,” tambahnya sebagai penutup.

    VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini