icon-category Startup

Manpro, Startup Solusi IoT agar Manajemen Proyek Gak Mangkrak

  • 04 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Nova Sundralawati, Chief Marketing Officer Manpro. (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Manpro jadi salah satu startup yang ikut unjuk gigi di ajang Indigo Demo Day 2022 yang digelar di Hotel Pullman Jakarta, pada Rabu (3/8).

    Manpro sendiri menawarkan Software as a Service (SaaS) yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan berbagai perangkat Internet of Things (IoT) dalam platform manajemen proyek dan kolaborasi bisnis yang dikembangkannya.

    Nova Sundralawanti, Chief Marketing Officer Manpro, menjelaskan gagasan terbentuknya Manpro karena merasa prihatin melihat begitu banyak proyek yang mangkrak gara-gara terhambatnya komunikasi antara stakeholder.

    BACA JUGA: Indigo Demo Day 2022: Ajang Perkenalan Startup Lokal ke Investor

    "Kita melihat permasalahan di proyek, kalau yang remote itu susah untuk dikontrol, dan kita lihat permasalahan di Indonesia, bisa lihat laporan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) banyak sekali potensi kerugian negara sampai ratusan triliun karena kurang komunikasi antara stakeholder di proyek, terus dokumentasinya juga kurang lengkap maka banyak permasalahan-permasalahan tersebut akhirnya kita kita bikin solusi dengan adanya Manpro ini," tutur Nova saat berbincang dengan Uzone.id di sela acara Indigo Demo Day 2022.

    Kelebihan dari Manpro, kata Nova software-nya bisa dikostumisasi tanpa coding, jadi pengguna tidak membutuhkan proggrammer untuk penambahan menu atau membuat alurnya.

    BACA JUGA: PayPal Ngaku Sudah Daftar PSE Lingkup Privat

    Uniknya, yang menggagas Manpro bukan dari programmer seperti Nova sendiri dan Zaki Mulyawan (CEO Manpro) punya latar belakang konstruksi.

    Beberapa perusahaan yang sudah jadi klien Manpro di antaranya Rumah Sakit Hermina yang sudah berjalan tahun ketiga.

    "Sudah dipakai juga sama pemerintah, BUMN, dan kontraktor berskala besar juga sudah ada yang pakai," terang dia.

    Indigo Demo Day sendiri merupakan kegiatan tahunan dari Telkom Indonesia untuk menghubungkan startup binaan Program Indigo terpilih dengan para pemodal ventura potensial agar dapat berkolaborasi serta menjalin kerja sama strategis.

    Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari rangkaian kegiatan B20, sebuah forum dialog resmi G20 dengan komunitas bisnis global yang telah didirikan sejak tahun 2010 silam. Secara resmi, B20 Summit 2022 sendiri akan digelar pada 13-14 November 2022 mendatang.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini