Digilife

Masalah Bug di Game Cyberpunk 2077 Berujung Kisruh

  • 17 December 2020
  • Bagikan :

    Cyberpunk 2077 (Foto: Ist)


    Uzone.id -  Banyak dinanti hingga berkali-kali ditunda, CD Projeckt Red (CDPR) akhirnya merilis game Cyberpunk 2077. Mendapatkan pujian setinggi langit di PC, namun sayang malah jeblok dan berujung kisruh di platform konsol game seperti PlayStation dan Xbox.

    Kemarin CD Projekt mengeluarkan permintaan maaf kepada pelanggan , kebanyakan mereka yang menggunakan konsol generasi terakhir. Setelah ini, perusahaan mengadakan pertemuan darurat dengan investor untuk menjelaskan masalah tersebut.

    Beberapa masalah yang terjadi ini sebagain besar karena aspek visual. Diantaranya, efek ledakan mengalami delay, proses rendering bangunnan dan lingkungan lambat dan masih banyak lagi.

    Para pemain juga mengeluhkan bahwa frame rate di game ini seperti langsung turun dan berjalan tidak konsisten. Intinya Cyberpunk 2077 di konsol seperti setengah jadi.

    Baca juga: Ternyata Begini Cara Bos PlayStation Pasang PS5

    "Jadi bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Setelah 3 penundaan, kami sebagai Dewan Manajemen terlalu fokus untuk merilis game. Kami meremehkan skala dan kompleksitas masalah, kami mengabaikan sinyal tentang perlunya tambahan waktu untuk menyempurnakan game di konsol game generasi terakhir. Itu adalah pendekatan yang salah dan bertentangan dengan filosofi bisnis kami. Selain itu, selama kampanye, kami menampilkan game tersebut sebagian besar di PC,” jelas pihak CDPR, seperti dikutip Uzone.id dari PC Gamer, Kamis (17/12).

    Cyberpunk 2077


    "Hal ini menyebabkan hilangnya kepercayaan para gamer dan reputasi yang telah kami bangun melalui sebagian besar hidup kami. Itulah mengapa langkah pertama kami hanya difokuskan untuk mendapatkan kembali dua hal itu,” tambah mereka.

    Saat ini pihak pengembang berkonsentrasi untuk memperbaiki Cyberpunk pada semua konsol. Kumpulan perbaikan penting pertama dirilis selama akhir pekan. Kumpulan perbaikan berikutnya akan dirilis dalam tujuh hari ke depan.

    Baca juga: PS5 Cetak Rekor, Laris Terjual 1,4 Juta Unit Seminggu

    Pembaruan besar direncanakan untuk bulan Januari dan Februari, bersama dengan perbaikan yang lebih kecil. Tentu saja, para gamer PC juga akan mendapatkan pembaruan dan perbaikan rutin untuk meningkatkan permainan.

    "Kami benar-benar berharap upaya kami akan membuat kami membangun kembali kepercayaan yang telah hilang,” tambah mereka.


    Refund

    Kendati sudah meminta maaf dan akan melakukan perbaikan di masa depan, pihak CD Project akan tetap membuka proses refund bagi gamer yang sudah telanjur beli dan tidak puas.

    Pembeli Cyberpunk 2077 versi digital bisa mengajukan refund lewat sistem milik Sony dan Microsoft, sedangkan versi fisiknya bisa dikembalikan ke toko tempat pembelian.