icon-category Auto

Masalah Rangka eSAF Cuma Ramai di Pulau Jawa?

  • 17 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Masalah rangka eSAF yang ditemukan adanya karat dan keropos berdampak ke semua penjualan sepeda motor. Bahkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuat garansi rangka motor matic hingga 5 tahun karena banyaknya konsumen yang mempertanyakan kondisi rangka.

Namun ternyata masalah rangka eSAF tidak menjadi persoalan di Medan, Sumatera Utara. Joni Lie selaku GM PT Alfa Scorpii sebagai Main Dealer Yamaha Medan mengatakan konsumen di Jawa berbeda dengan di Sumatera Utara.

"Kalau bicara rangka, kalau di daerah enggak ada dampak sama sekali. Kita mau sampaikan namanya bisnis, kita menjaga kualitas masing-masing produk. Kalau kita lihat di Jawa berbeda dengan di Sumatera Utara," ujar Joni saat ditemui di Medan belum lama ini.

alt-img

Menurut Joni, media sosial di Pulau Jawa sangat berpengaruh terhadap suatu produk. Sementara di Medan, jika konsumen mengalami masalah pada motor justru enggan mengungkapkan di media sosial karena akan menyulitkan untuk menjual motor tersebut.

"Di Jawa kan media sosial kencang sekali, kalau di sini konsumen ada masalah mana mau ngomong. Motornya siapa yang beli nanti? Kan orang enggak terlalu mengerti media sosial di sini, beda seperti di Jawa," terangnya.

Joni sendiri berani menjamin masalah rangka motor di Medan tidak menjadi persoalan. Bahkan jika dicari, justru yang keluar hanya kabar-kabar dari Jawa saja.

"Tapi saya berani jamin, kalau di sini mau cari masalah rangka yang keluar cuma berita Jawa semua," jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, pihak Kementerian Perhubungan serta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tak hanya melakukan investigasi terhadap Astra Honda Motor (AHM) terkait isu rangka eSAF yang keropos, namun juga meneliti langsung motor milik konsumen.

Berdasarkan hasil pemeriksaan ditemukan adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran sehingga membuat air tersumbat serta berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.

Sementara itu, Yamaha belum lama ini mengumumkan masa garansi rangka motor matic yang ditambah menjadi 5 tahun sejak 1 Oktober 2023 kemarin. Sebelumnya, Yamaha hanya memberikan garansi rangka selama 1 tahun atau 12.000 kilometer pemakaian saja.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini