home ×
Digilife

Masih Perlu Gak Sih Tebak-tebakan Android 11 Pakai Nama Dessert?

26 July 2020 By
Masih Perlu Gak Sih Tebak-tebakan Android 11 Pakai Nama Dessert?
Share
Share
Share

(Ilustrasi foto: Guido Coppa / Unsplash)

Uzone.id -- Siapa di antara kalian yang termasuk tim patah hati ketika Google mengumumkan tak lagi menamai sistem operasi Android dengan istilah nama dessert alias makanan pencuci mulut? Di tahun ini masih perlu gak sih, tebak-tebakan nama Android 11?

Google meluncurkan Android 10 pada 2019. Kala itu, banyak yang menyayangkan kenapa Android 10 yang seharusnya juga memiliki ‘alias’ Android Q itu hanya diberi nama “Android 10” saja, tanpa embel-embel nama makanan manis.

Padahal selama Android ada di muka bumi ini, pengguna ponsel Android sudah familiar dan terbiasa main tebak-tebakan untuk nama OS selanjutnya. Mulai dari Android Jelly Bean, KitKat, Lollipop, hingga Marshmallow.

Banyak yang suudzon ke Google, bahwa raksasa teknologi satu ini kesulitan mencari nama makanan pencuci mulut yang memiliki huruf depan Q. Alhasil, mulai dari Android 10, Google tak lagi menamakannya dengan istilah makanan dessert.

Baca juga: Transformasi Nama-nama Android Sejak Dirilis Satu Dekade

Sebenarnya sih, Google memiliki penjelasan logis tersendiri. Bisa dibaca di artikel ini.

Setahun telah berlalu, kini saatnya warga dunia menantikan kelahiran Android 11. Jika penamaan dengan huruf abjad masih berlaku, harusnya tahun ini orang-orang sedang memikirkan nama seru dari Android R.

Andai masih zaman main tebak-tebakan, bisa jadi Android 11 diberi nama “Android Raspberry Pie”, atau “Android Rice Pudding”. Atau, ada ide lain?

Bahkan Google pun belum move on
Jika kalian merasa kurang kerjaan untuk tebak-tebakan nama Android, gak perlu malu. Sebab, Google sendiri sebagai kreator Android saja belum move on sepenuhnya, lho.

Dalam wawancara ‘All About Android’, VP Engineering Android Dave Burke mengungkapkan kalau pihak internal Google masih menggunakan nama kode dessert untuk Android terbaru.

Khusus untuk Android 11, tim mereka memberinya nama “Red Velvet Cake”.

Baca juga: Daftar Fitur Baru di Android 11

Bayangin aja… Wajar dong tandanya jika para pengguna di seluruh dunia masih terbiasa dengan tradisi setiap tahun berpikir nama dessert untuk Android, ternyata tim Google sendiri masih memakai kode tersebut.

Bahkan, VP Product Management Android Sameer Samat mengatakan bahwa pada tahun lalu perusahaan pun masih menggunakan nama kode untuk Android 10, yakni “Quince Tart”. Mereka bahkan nyaris memasarkannya dengan nama ‘Android Queen Cake”.

Meskipun Android Red Velvet Cake hanya menjadi nama kode internal Google, minimal masih ada orang-orang yang akan terus menggunakan nama makanan pencuci mulut untuk OS Android, bukan kamu aja.

Android 11 rencananya akan dirilis pada musim gugur tahun ini, atau sekitar kuartal ketiga tahun 2020.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 26 July 2020 | 12:14:23

masih perlu gak sih tebak tebakan

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id