icon-category Digilife

Jelang Pemilu 2024, Waspada Kena Penipuan WhatsApp Satu Ini

  • 26 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Selain hoaks yang semakin kencang menyebar, modus kejahatan siber juga ikut nimbrung dalam euforia Pemilu 2024 yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

Kali ini, penjahat siber menggunakan iming-iming Panitia Pemilu 2024 atau PPS Pemilu 2024 dalam menjalankan aksinya. Sama seperti modus undangan pernikahan, penjahat siber mengirimkan file APK dengan nama PPS Pemilu 2024. Modus penipuan ini pertama kali dibagikan oleh akun pemerintah daerah Sukoharjo @sukoharjo_kab.

Calon korban akan diminta untuk mendownload dan memasang aplikasi tersebut. Bukan sembarang aplikasi, file tersebut merupakan jalan masuk penjahat siber untuk mencuri data-data kredensial pengguna.

alt-img
Sumber foto: @sukoharjo_kab

Mulai dari username dan password mobile banking, saldo rekening, identitas, dan data-data sensitif lainnya. 

“Pelaku yang sudah mendapatkan username dan password mobile banking korban akan mengirimkan kode One Time Password (OTP) melalui SMS yang nantinya dapat dibaca oleh pelaku melalui aplikasi yang telah terpasang tersebut,” kata pihak Kemenkominfo, dalam penjelasannya yang dikutip Jumat, (26/01).

Selain PPS, baru-baru ini masyarakat dihimbau untuk berhati-hati ketika mendapat modus serupa yang mengatasnamakan TPS (Tempat Pemungutan Suara) Pemilu 2024. Diketahui, file APK dengan nama TPS ini sudah mulai disebar ke masyarakat untuk mencuri data-data mereka.

Maka dari itu, pemerintah menghimbau Masyarakat Indonesia agar terus berhati-hati dan tidak sembarang mengunduh file-file APK yang dikirim dari WhatsApp. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan mengunduh aplikasi di toko resmi seperti Google Play Store atau App Store.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini