icon-category Auto

Mau Traveling Pakai Mobil Pribadi? Perhatikan Beberapa Hal Ini

  • 19 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Traveling pakai mobil pribadi saat ini jadi salah satu pilihan favorit. Selain lebih aman karena pandemi masih menyisa, juga lebih bebas dalam menentukan rute dan pastinya lebih nyaman.

    Namun tidak semua mobil bisa memenuhi kebutuhan kita untuk traveling. Apalgi ketika kita hendak mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang antimainstream dan masih jarang dikunjungi.

    Perlu persiapan khusus dan ada sejumlah hal yang harus di perhatikan serta di pastikan ada di mobil kita.

    Berdasarkan pengalaman kami di program Bremm Journey, kami memutuskan memilih All New Honda BR-V tipe E (bukan tipe tertinggi) yang kami rasa sudah lebih dari cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kami saat traveling. 

    Baca juga: Brio dan BR-V jadi Mobil Terlaris Honda

    Kabin dan bagasi luas

    Ruang kabin dan bagasi tentu saja jadi prioritas kami saat ingin traveling. Karena kami harus membawa sejumlah crew berkisar 4-5 orang, serta sejumlah peralatan shoting seperti kamera, drone, sampai tripod yang tentu saja butuh ruang bagasi yang luas.

    Setidaknya, penumpang di dalam kabin tidak harus berdesakan karena perjalanannya biasanya panjang, serta bagasi yang leluasa memuat semua barang-barang yang kami bawa.

    Ground clearence tinggi

    Pertimbangan kami selanjutnya setelah kabin dan bagasi adalah seberapa tinggi jarak antara bagian terendah mobil dengan permukaan tanah, karena rute yang nanti kami hadapi, tidak semua bisa di prediksi.

    Karenanya, butuh mobil yang lebih fleksibel untuk melibas kondisi jalan yang beragam, seperti jalan rusak, berlubang, tanjakan, sampai polisi tidur.

    Ground clearence yang tinggi tentu saja sangat menentukan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan. Dan Honda BR-V sendiri punya ground clearence yang lumayan tinggi, yakni 220 mm atau sekitar 22 cm.

    Baca juga: Malaikat Penjaga Bernama Honda Sensing

    Performa mesin dan konsumsi BBM irit

    Setelah dua pertimbangan di atas terpenuhi, baru kami mempertimbangkan bagaimana performa mesinnya dan juga seberapa efisien konsumsi bahan bakarnya.

    Berbekal mesin berkapasitas 1.500cc 4 silinder i-VTEC, kami anggap BR-V punya performa mesin yang oke dengan besaran tenaga 120 PS dan torsi 145 NM. 

    Performa mesin tersebut berpadu dengan transmisi CVT “racikan” baru yang membuatnya minim gesekan, sehingga membantu membuat konsumsi BBM jadi lebih efisien. 

    Hasil yang kami dapatkan dengan rute Surabaya - Gresik, BR-V mampu mencatatkan konsumsi BBM 13 km perliter di catatan MID. 

    Punya fitur navigasi

    Navigasi jadi salah satu fitur penting ketika mau traveling pakai mobil pribadi. Dan pastikan kalian menggunakan mobil yang layar di tengah dasbor-nya sudah bisa menampilkan maps dari smartphone kalian.

    Selain tampilannya jadi lebih besar, juga lebih aman karena kalian tidak perlu lagi mengoperasikan smartphone saat mengemudi dan tidak perlu juga bertanya-tanya ke penumpang lain soal rute dan arah.

    All New Honda BR-V sendiri meski bukan di tipe tertinggi, pada tipe E ini sudah punya layar sentuh berukuran 7 inci yang sudah mendukung konektifitas smartphone melalui Android Auto dan Apple Car Play. 

    Penggunaannya juga gampang, cukup colok kabel USB, maka tampilan smartphone bisa ditampilan di layar 7 inci tersebut, termasuk tentunya maps.

    Fitur pendukung kenyamanan

    Terakhir ini sebenarnya adalah bonus. Tidak masalah kalau tidak ada, tapi bakal lebih baik kalalu sudah tersedia di mobil untuk diajak traveling.

    Sejumlah fitur pendukung di All New Honda BR-V tipe E yang menurut kami bermanfaat adalah Remote Engine Start. Fitur ini berguna kalau mobil kalian terparkir di area yang panas. 

    Agar kabin mobil dingin saat di masuki, nyalakan saja mesin dan AC dari luar melalui remote kunci. Praktis dan bikin nyaman. Fitur ini biasa terdapat pada mobil-mobil premium Honda seperti Honda CR-V, Honda Civic juga Honda Accord.

    Kemudian fitur Walk-Away Auto Lock. Fitur ini juga sangat praktis dan membuat kita tidak perlu khawatir pintu mobil sudah terkunci atau belum saat kita tinggalkan.

    Jadi pintu akan mengunci secara otomatis ketika kita meninggalkan mobil beberapa meter, dan sebaliknya, pintu akan otomatis terbuka saat kita mendekat.

    Nah, dengan mempertimbangankan sejumlah hal di atas dan memilih mobil yang tepat, dijamin, kemanapun tujuan traveling dengan mobil pribadi akan lebih nyaman dan aman.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai mobil yang kami bawa, bisa cek disini.

    VIDEO: Test Drive Honda BR-V Jakarta - Solo

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini