icon-category Auto

Melesat! BYD Rayakan Produksi 6 Juta Unit Mobil Listrik

  • 28 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.idBYD terus melesat saja. Pabrikan China ini hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa menyaingi kebesaran Tesla, baik dari sisi produk, teknologi dan juga penjualan.

Pabrikan China ini baru saja mengumumkan produksi mobil listrik yang ke-6 juta unit. Seperti dilansir Arena EV, BYD Bao 5, yang merupakan sub-merek Fanachengbao merupakan mobil ke-6 juta unit yang diproduksi.

BYD mengklaim bahwa saat ini, BYD adalah perusahaan mobil pertama yang telah berhasil mencatatkan atau mencapai produksi 6 juta kendaraan yang secara spesifik sebagai mobil dengan energi terbarukan, alias listrik.

Pencapaian BYD untuk bisa mencapai produksi 6 juta unit tidaklah sebentar. Bahkan untuk bisa mencapai produksi 1 juta unit saja membutuhkan waktu 13 tahun.

Namun raksasa pabrikan mobil listrik China ini terus melesat. Dari 1 juta unit terebut, pada November tahun lalu produksinya sudah mencapai 3 juta unit. Dan pada Agustus 2023, produksinya sudah menyentuh angka 5 juta unit.

Dan hanya butuh waktu tiga bulan kemudian, BYD berhasil mengumumkan sudah memproduksi mobil listrik sebanyak 6 juta unit.

Di sisi lain, persaingan BYD dengan Tesla yang masih menjadi pabrikan mobil listrik terlaris di dunia juga semakin sengit dan angkanya semakin menipis.

Berdasarkan data kuartal ketiga 2023, Tesla mencatatkan angka penjualan mobil listriknya sebanyak 435.059 unit. Sedangkan BYD terus memepet dengan angka jualan mencapai 431.603 unit di periode yang sama, hanya kalah 3.456 unit dari Tesla.

Secara presentase, di kuartal ketiga tersebut Tesla terlihat melambat karena hanya mengalami kenaikan penjualan sebesar 27 persen. Sementara BYD, peningkatannya mencapai 67 persen atau 99,2 persen dari hasil pencapaian Tesla.

Di Indonesia sendiri, BYD sejauh ini sudah mengaspalkan mobil-mobil listrik buatannya, meski baru sebatas digunakan untuk armada taksi komersial. Namun, kemungkinan besar mulai tahun depan BYD akan segera menjual mobil-mobil untuk segmen penumpang di Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini