icon-category Gadget

Melihat Lebih Dekat Tablet Oppo Harga Rp10 Juta, Oppo Pad 2

Uzone.id - Akhir September lalu, Oppo mengenalkan tablet high-end Oppo Pad 2 ke pasaran Indonesia. Oppo Pad 2 dibanderol Rp9.999.000 jutaan, rentang harga yang kurang lebih sama dengan tablet andalan Samsung maupun Huawei. Lalu, apa saja fitur maupun kelebihan yang ditawarkan Oppo Pad 2 bagi konsumennya?

Sisi desain menjadi salah satu keunggulan dari tablet premium Oppo ini. Bicara material bodi misalnya, Oppo Pad 2 menggunakan aluminium solid dan kokoh, hal yang wajar sebenarnya dari sebuah perangkat dengan harga di atas Rp9 juta.

Tangguh dengan bahan yang berkualitas, gak bikin bobot tablet ini jadi berat. Oppo merancang tablet andalannya supaya ringkas agar mudah dibawa kemanapun. Secara dimensi, tebal bodinya hanya 6,54 mm dengan berat 552 gram.

alt-img

Bobotnya lebih berat dari Samsung Galaxy Tab S9 FE+, namun masih tak bisa menandingi ringannya Huawei MatePad Air yang hanya 508 gram saja.

Desainnya sih lumayan ringkas, tapi sayangnya Oppo tak menyertakan jaminan ketahanan terhadap air maupun debu pada tablet mahalnya. Gak ada rating IP67 atau IP68 tahan air dan debu, atau IP54 minimal yang memberikan garansi terhadap percikan air pada Oppo Pad 2.

Oppo Pad 2 punya layar berkualitas tinggi, meski panelnya masih LTPS LCD. Luasnya pas, gak besar ataupun terlalu kecil, yakni 11,61 inci. Resolusinya 2,8K dengan dukungan refresh rate 144Hz.

alt-img

Yang kami suka dari layar Oppo Pad 2 adalah, rasio 7:5. Rasio ini luas, memberikan banyak ruang saat membuka aplikasi, game, atau menikmati konten, baik secara portrait atau landscape

Orientasi default tablet ini sebenarnya landscape, makanya disematkan ruang kamera pada bezel bagian atas sebagai tempat untuk kamera selfie 8 MP. 

alt-img

Beralih ke belakang, Oppo hanya memberikan satu warna saja untuk Pad 2, yakni Nebula Gray. Warna ini punya tekstur yang halus, anti jejak sidik jari, serta memiliki finishing seperti metal yang terlihat simple.

alt-img

Desain housing kamera Oppo Pad 2 begitu unik, beda banget dari tablet-tablet lain di kelasnya. Letaknya di tengah atas (orientasi landscape), bentuknya lingkaran menjadi tempat buat kamera utama 13 MP dan LED flash.

alt-img

Sekarang beralih membahas dapur pacunya. Oppo Pad 2 ditenagai prosesor high-end dari MediaTek, yakni Dimensity 9000. Kalau bingung system on chip (SoC) ini setaranya dengan apa, well Dimensity 9000 itu punya kinerja yang hampir menyamai Snapdragon 8 Gen 1.

Prosesor ini dibuat menggunakan arsitektur 4nm, mengusung tiga kluster yang terdiri dari 1-core Cortex X2 dengan kecepatan 3,05 GHz, 3-core Cortex A710 dengan kecepatan 2,85 GHz, dan 4-core Cortex A510 dengan clock-speed 1,8 GHz.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dengan memori penyimpanan UFS 3.1 sebesar 256 GB. Cukup disayangkan, tak disediakan slot microSD pada Oppo Pad 2.

alt-img

Oppo Pad 2 ditopang baterai berkapasitas 9.510 mAh, masih kalah dari Samsung Galaxy Tab S9 FE+. Namun soal fast charging, terbaik nih Oppo Pad 2, karena tablet ini mengusung fast charging tercepat lewat teknologi 67W SuperVOOC. 

Klaimnya Oppo, ngecas 10 menit bisa memberikan waktu penggunaan sampai 3 jam. 

Oiya, untuk menunjang produktivitas pengguna, Oppo turut menyediakan beberapa aksesoris resmi buat Oppo Pad 2, yaitu Smart Touchpad Keyboard, Oppo Pencil, dan Oppo Pad 2 Smart Case.

alt-img

Oppo Pad 2 Smart Touchpad Keyboard dapat terhubung dengan mulus ke tablet melalui sistem magnetik, tidak perlu menghubungkan atau mengisi daya secara manual.

Bingkai depan dilengkapi sudut elevasi 120 derajat memberikan tampilan lebih nyaman. Dibuat dengan bahan aero-foam terbaru yang ringan, keyboard ini memiliki berat hanya 360 gram, membuatnya tahan lama dan ideal untuk bekerja saat bepergian.

Melalui sistem operasi ColorOS yang mendukung lebih banyak gestur, pengguna akan menikmati interaksi yang lebih intuitif.

alt-img

Sementara Oppo Pencil memiliki performa luar biasa dengan pengurangan latensi 2 milidetik, serta working pressure 5g dengan 4.096 tingkat sensitivitas tekanan. Pengguna bisa menuangkan kreativitas mereka di layar, seperti tulisan, gambar, atau memanfaatkannya untuk mengedit foto maupun video.

Menariknya, Oppo Pencil dan Smart Case bisa didapatkan secara gratis untuk setiap pembelian Oppo Pad 2 asal persediaan masih ada. Oppo juga menawarkan Smart Touchpad Keyboard dengan harga Rp1 juta kepada pengguna, yang bisa dibeli via situs Oppo Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini