icon-category Auto

Memilih Oli Mobil di Atas 5 Tahun? Nih Caranya!

  • 18 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Perawatan berkala khususnya mesin menjadi faktor utama agar kondisi mobil tetap prima. Namun mengenai perlakuannya, tentu berbeda antara mobil baru dan mobil lama.

    Misalnya saja terkait kebutuhan pelumas, di mana oli mesin untuk mobil lama cenderung membutuhkan viskositas yang lebih kental.

    Bukan tanpa alasan. Seiring pemakaian, celah antar komponen mesin umumnya akan berubah menjadi lebih renggang.

    Baca juga: Spesifikasi Subaru BRZ, Harga Lebih Murah dari Toyota GR86

    "Ini terjadi karena adanya gesekan mekanikal yang terjadi seiring pemakaian kendaraan. Dengan kata lain, celahnya tidak lagi rapat seperti mobil baru," kata Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL).

    Kalau tetap diberikan oli dengan viskositas yg terlalu rendah (encer) seperti pada mobil dengan teknologi terbaru, maka akan terdengar suara kasar pada mesin.

    Selain itu, penggunaannya pun berpotensi membuat oli tidak dapat melumasi dengan baik dan berisiko mengganggu sirkulasi pelumas.

    Parahnya lagi, oli dapat menguap yang artinya apabila dibiarkan bakal mengurangi volume oli secara drastis.

    “Oli dengan viskositas yang kental seperti 10W-40 atau 15W-50 diperlukan supaya sirkulasi oli tetap lancar dan oli mesin dapat melumasi ke komponen bagian mesin manapun yg membutuhkan pelumasan,” tambah Brahma.

    Rekomendasi oli

    Maka dari itu, pemilik harus mengetahui pelumas yang tepat untuk usia mobil tersebut. Seperti halnya produk pelumas Fastron Series dari Pertamina Lubricants.

    Untuk memenuhi kebutuhan tadi, PTPL menghadirkan setidaknya dua line up yaitu Fastron Techno 10W-40 dan Fastron Techno 15W-50.

    Fastron Techno 10W-40 menggunakan base oil sintetis dengan standardisasi API SN. Pelumas ini dikembangkan dengan teknologi perlindungan terbaik dunia untuk menjaga mesin tetap bersih dan dingin.

    Baca juga: GIIAS 2022: Jajaran 5 Mobil GR Sport Baru Toyota

    Fastron Techno 10W-40 dijual dalam dua kemasan yaitu 1 liter (Rp 90.500) dan 4 liter (Rp 352.500).

    Ada pula pilihan yang lebih ekonomis yakni Fastron Techno 15W-50. Seperti Fastron Techno 10W-40, oli tersebut juga memiliki teknologi perlindungan terbaik yaitu Nano Guard.

    “Dengan begitu, penggunaan Fastron Techno 10W-40 dan juga Fastron Techno 15W-50 tetap dapat menjaga kondisi mesin lebih awet dan minim penguapan oli untuk mobil dengan usia di atas 5 tahun,” jelas Brahma lebih lanjut.

    Fastron Techno 15W-50 sudah memenuhi kategori API SN. Sementara untuk harga, dijual masing-masing Rp 73.000 untuk kemasan 1 liter dan Rp 284.000 pada volume isi 4 liter.

    Baik Fastron Techno 10W-40 maupun Fastron Techno 15W-40 cocok digunakan mobil-mobil berjenis SUV, MPV, sedan dan hatchback.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini