icon-category Auto

Menebak Harga Wuling EV yang Dijual di Indonesia Tahun Ini

  • 03 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Wuling EV (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Wuling Motors siap menggebrak pasar otomotif Indonesia dengan mobil bertenaga listrik murni, Wuling EV, pada tahun ini.

    Wuling EV, yang mengambil platform dari Global Small Electric Vehicle atau GSEV, memang berbeda dengan mobil listrik yang sudah beredar saat ini, macam Hyundai Kona, Ioniq, Ioniq 5 dan Nissan Leaf.

    Mobil listrik buatan Wuling yang akan dirakit di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, itu punya desain yang sangat compact. Mirip-mirip sama Kei Car yang dijual di Jepang.

    BACA JUGA: Wuling EV Resmi Pre-Launching di Indonesia, Desainnya Futuristik

    Wuling EV sudah diperkenalkan kepada media dan masyarakat umum melalui pre-launching di Atrium Laguna Central Park, Jakarta Barat, tepat di Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2022.

    Namun, di acara pre-launching tersebut, Wuling EV cuma memperlihatkan bagian eksterior saja. Sedangkan untuk detail interior akan dirilis di tahap berikutnya.

    Sekarang yang jadi pertanyaan adalah, berapa harga Wuling EV yang akan dijual di Indonesia?

    FOTO: Wujud Wuling EV Siap Dijual di Indonesia Tahun Ini

    Kasubdit Ilmate Kementerian Perindustrian Dodiet Prasetyo pernah menyinggung soal harga mobil listrik murah yang akan dijual di Indonesia pada April 2022.

    Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan produsen mobil untuk membuat mobil EV compact dengan harga di kisaran Rp300 juta-Rp400 juta.

    "(Dalam) memproduksi mini EV compact car ini sudah kita diskusikan dengan beberapa pabrikan di produksi Indonesia. Harapannya akhir tahun ini bisa produksi mobil EV di harga Rp 400 juta," kata dia saat itu.

    Dia pun mengeluhkan mahalnya harga baterai saat ini. Untuk harga katoda paling mahal sekitar 53 persen.

    Salah satu cara untuk membuat harga baterai terjangkau dengan membuat ukuran kecil.

    Selain itu, Dodiet mengatakan pada tahun 2030 di mana saat itu ekosistem pembuatan baterai sudah terbentuk, harganya akan semakin murah.

    Tanggapan Wuling Motors soal harga Wuling EV

    Dian Asmahani, Brand & Marketing Director Wuling Motors, diminta konfirmasinya soal harga Wuling EV akan dijual di kisaran Rp400 juta, seperti disebutkan oleh Dodiet Prasetyo.

    Namun, Dian tak ingin membocorkan rencana penetapan harga mobil listrik tersebut sebelum resmi diluncurkan.

    "Kemenperin juga bilang September ya (diluncurkan), mungkin bisa tanya ke Kemenperin karena kami gak ngerti. Kami kurang tahu maksud Kemenperin itu brand yang mana dan yang dimaksud," kata Dian.

    Melansir dari berbagai sumber, Wuling Hongguang Mini EV, yang juga memakai platform GSEV, yang dijual di China sekitar USD5.000 atau Rp72 jutaan. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini