Menebak Kapan iPhone 18 Pro dan 18 Pro Max Dijual di Indonesia
iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max hampir pasti menjadi bagian dari peluncuran Apple Event 2026, tapi kapan masuk ke Indonesia?

Uzone.id - Apple Event 2026 tinggal menghitung hari. Apple belum memastikan produk apa saja yang akan dibawa dalam acara bertajuk ‘Surprise and Shine’ pada 9 September itu (sudah pasti ya…). Namun, iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max hampir pasti menjadi bagian dari peluncuran, mungkin bersama iPhone Ultra yang konon menjadi smartphone lipat pertama Apple.
Sekarang pertanyaannya, kapan iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max masuk ke Indonesia?Kalau melihat pola penjualan beberapa generasi sebelumnya, konsumen di Indonesia sepertinya nggak perlu menunggu terlalu lama. Prediksi kami, iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max sudah bisa dipesan pada 9 Oktober dan mulai dijual pada 16 Oktober 2026.
Tanggal tersebut baru sebatas prediksi kami yang belum dikonfirmasi Apple ataupun distributor resminya di Indonesia. Prediksi ini diambil berdasarkan jarak antara peluncuran global dengan penjualan perdana iPhone 14, iPhone 15, dan iPhone 17 di Indonesia—iPhone 16 Series dikecualikan karena isu TKDN saat itu.
Mundur ke 2022 saat Apple meluncurkan iPhone 14 Series. Smartphone tersebut diumumkan secara global pada 7 September dan mulai dijual di sejumlah negara pada 16 September 2022.
Sementara di Indonesia, iPhone 14 Series baru bisa dipesan pada 28 Oktober, dan menerima unitnya pada 4 November 2022. Artinya, konsumen iPhone 14 Series di Indonesia membutuhkan waktu sekitar 58 hari sejak diperkenalkan, sedangkan kalau dihitung dari penjualan global, jedanya 49 hari.
Waktu tunggunya mulai berkurang saat iPhone 15 Series meluncur. Apple memperkenalkannya pada 12 September, kemudian menjualnya secara global pada 22 September 2023.
Di Indonesia, iPhone 15 Series baru bisa dipesan pada 20 Oktober dan penjualan perdananya dimulai 27 Oktober 2023. Jaraknya menjadi 45 hari, sementara kalau dihitung dari penjualan perdananya secara global, konsumen tanah air cuma perlu menanti 35 hari.
Kami kecualikan iPhone 16 Series, lantaran smartphone ini baru dijual di Indonesia pada 11 April 2025. Padahal, smartphone ini sudah diluncurkan secara global pada 9 September 2024. Alasan utamanya saat itu karena Apple belum memenuhi persyaratan TKDN yang diterapkan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin).
Nah, pola express kembali berlanjut pada iPhone 17 Series yang diumumkan pada 9 September, kemudian tersedia secara global pada 19 September 2025. Kurang lebih sebulan setelahnya, iPhone 17 Series sudah bisa dipesan pada 10 Oktober dan penjualan perdananya dimulai 17 Oktober 2025.
iPhone 18 Pro dan 18 Pro Max diprediksi dijual 16 Oktober
Apple Event 2026 dipastikan digelar pada 9 September waktu Amerika Serikat (AS). Biasanya, Apple membuka pre-order iPhone terbaru pada hari Jumat di pekan yang sama, kemudian memulai penjualannya sepekan setelahnya.
Namun, jadwal tahun ini kabarnya akan sedikit berbeda. Apple diprediksi baru membuka pre-order iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max pada Sabtu, 12 September, bukan Jumat, 11 September 2026.
Perubahan tersebut, seperti dikutip dari Macrumors, karena 11 September bertepatan dengan peringatan 25 tahun tragedi 9/11. Apple pernah melakukan hal serupa pada 2015 ketika pre-order iPhone 6s dan iPhone 6s Plus digeser dari 11 September ke 12 September.
Meski begitu, penjualan global iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max diperkirakan tetap berlangsung pada Jumat, 18 September 2026.
Kalau Indonesia kembali mendapatkan jeda 4 minggu dari penjualan global, maka iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max kemungkinan mulai dijual pada Jumat, 16 Oktober 2026. Lantaran masa pre-order biasanya dibuka seminggu lebih awal, maka keduanya bisa dipesan pada Jumat, 9 Oktober 2026.
Tentu saja, perhitungan ini masih bergantung pada proses sertifikasi TKDN dari Kemenperin, sertifikat Postel dari Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), serta perizinan impor. Kalau seluruh prosesnya lebih cepat dari tahun lalu, bukan tidak mungkin iPhone 18 Pro dan iPhone 18 Pro Max masuk Indonesia lebih cepat pada awal Oktober nanti.
Jadi, sudah siapin tabungan buat beli iPhone 18 Pro atau iPhone 18 Pro Max, Uzoners?

