icon-category Auto

Mengenal BMW Safety Car yang Kawal Pembalap MotoGP Mandalika

  • 22 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    BMW M3 Competition jadi Safety Car di ajang MotoGP 2022 (Foto: BMW)

    Uzone.id - BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car mulai hadir di musim 2022, yang dimulai pada 6 Maret 2022 di seri Grand Prix Qatar.

    Selanjutnya, mobil ini juga hadir di ajang GP Indonesia di Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika. 

    BMW M3 Competition - kedua BMW Safety Cars tampil di hadapan 60 ribu penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika.

    BACA JUGA: Ford Laser, Mobil Tahan Banting Dipakai Armada Taksi Indonesia

    Sejak tahun 1999 secara global, BMW adalah Official Partner of MotoGP dengan terlibat dan menyediakan berbagai model kendaraan BMW M sebagai Safety Car untuk gelaran MotoGP di seluruh dunia.

    Selain itu, BMW M jadi hadiah bagi pembalap terbaik di MotoGP. Di GP Indonesia, BMW M GmbH menghadirkan BMW M3 Competition dan BMW M2 CS Racing terbaru untuk mengawal para pembalap MotoGP.

    BMW M2 CS yang hadir di ajang ini merupakan model kendaraan terbaru yang baru diluncurkan secara global pada 14 Februari 2022 menggunakan Anniversary Design untuk rayakan ulang tahun BMW M ke-50 (50 Jahre BMW M).

    Selain itu, sejak tahun 2021, BMW M juga menghadirkan BMW M 1000 RR Safety Bike yang merupakan motor M pertama dari BMW Motorrad untuk mengawal jalannya MotoGP.

    “Hal ini juga sejalan dengan strategi BMW M GmbH. Selain BMW M2 CS Racing dan juga BMW M3 Competition, BMW Indonesia dukung Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk sukseskan MotoGP Indonesia dengan menjadi Official Mobility Partner dengan membawa BMW 330e M Sport,“ ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia dalam siaran pers kepada Uzone.id.

    M singkatan dari Motorsport – sesuatu yang digaris bawahi dengan BMW M2 CS Racing MotoGP Safety Car terbaru. BMW M GmbH menggabungkan mobil produksi berperforma tinggi dan motorsport di bawah satu atap.

    "Karena alasan inilah kami memilih mobil balap dari jajaran BMW M Motorsport untuk menjadi MotoGP Safety Car baru – pilihan yang tepat untuk menandai ulang tahun BMW M ke-50. BMW M2 CS Racing telah sukses di berbagai kejuaraan – dan, sebagai mobil balap murni, sangat cocok untuk memimpin lapangan sebagai Safety Car di ajang balap motor terbesar dan paling kompetitif di dunia,” tambah Ramesh.

    Kendaraan listrik BMW 330e M Sport menjadi Safety Car MGPA khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit.

    Safety Car BMW ini juga telah digunakan pada Tes MotoGP Mandalika 2022 sebagai ujian pramusim terakhir jelang MotoGP musim ini dan ajang MotoGP itu sendiri yang digelar pada tanggal 18-20 Maret 2022.

    BACA JUGA: Mitsubishi Uji Coba Mobil Listrik Minicab MiEV di Indonesia

    “BMW 330e M Sport telah banyak digunakan mulai dari persiapan hingga gelaran MotoGP berakhir. Kendaraan ini hadirkan DNA sporty BMW, efisiensi luar biasa, dan pilihan berkendara tanpa emisi lokal menjadi karakter progresif dari BMW 330e M Sport, katanya.

    Hadir dengan desain livery BMW M 50th Anniversary, BMW 330e M Sport menyesuaikan tema dengan BMW M2 CS Racing dan gambarkan DNA Motorsport dari BMW M dalam edisi merayakan perjalanan 50 tahun.

    BMW 330e M Sport hadir dengan teknologi BMW eDrive technology dan merupakan kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

    Kombinasi mesin bensin 2.0L dan motor elektrik mampu menghasilkan tenaga hingga 252 hp dan torsi 420 Nm, dan hasilkan efisiensi terbaik di kelasnya. Kendaraan ini merupakan pilihan terbaik yang dapat memberikan kepuasan di dua sisi, baik untuk aspek kenikmatan berkendara dan efisiensi.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini